TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Berdasarkan pantauan Indeks Harga Konsumen (IHK) nasional dari 90 kota di Indonesia pada Bulan Juli 2021, yaitu sebanyak 61 kota mengalami inflasi dan 29 kota lainnya mengalami deflasi.

<

Demikian press release yang diterima Teropongnews.com dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara, Senin (23/8/2021).

Inflasi tertinggi terdapat pada kota Sorong sebesar 1.51 persen dan inflasi terendah terdapat pada kota Sampit sebesar 0.01 persen.

Sedangkan deflasi tertinggi terdapat pada kota Manokwari sebesar -0.60 persen dan deflasi terendah terdapat kota Maumere dan Samarinda sebesar -0.01 persen.

Untuk inflasi di Kalimantan, Kota Singkawang masih tertinggi dengan inflasi sebesar 0.23 persen; Dan inflasi terendah terdapat pada Kota Sampit sebesar 0,01 persen.

Sementara deflasi tertinggi terdapat pada Kota Tanjung Selor sebesar -0.26 persen kemudian Samarinda merupakan kota dengan deflasi terendah sebesar -0.01 persen.

Penyebab Tanjung Selor mengalami deflasi paling tinggi di Kalimantan adalah adanya penurunan nilai pada kelompok pengeluaran terutama pada Makanan, Minuman, dan Tembakau sebanyak -0.29 persen.

Kemudian andil deflasi paling dominan yang terjadi di Tanjung Selor terdapat pada komoditas Ikan Bandeng/Bolu sebesar -0.06 persen; Tempe -0.06 persen; Tahu Mentah -0.05 persen; Kangkung -0.04 persen dan Daging Ayam Ras sebesar -0.04 persen.

Kota lain di Kalimantan yang mengalami inflasi adalah, Banjarmasin sebesar 0.19 persen; Tanjung sebesar 0.12 persen; Kotabaru sebesar 0.12 persen; Palangka Raya sebesar 0.12 persen.

Sementara yang mengalami deflasi selain Samarinda dan Tanjung Selor adalah Pontianak sebesar -0.23 persen; Sintang sebesar -0.03 persen; Balikpapan -0.03 persen dan Kota Tarakan sebesar -0.02 persen.

Berita lain untuk anda

Gubernur Optimis Kaltara Bisa Lewati Pandemi Covid-19

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie…

Sambut HUT Ke-75 RI, Brimob Mappi Gelar Bhakti Sosial

TEROPONGNEWS.COM, MAPPI – Kompi – 2 Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda…

Kejari Sorong Musnahkan Barang Bukti Kejahatan Dari 132 Perkara, Ada Kosmetik Ilegal

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong melakukan pemusnahan barang bukti…

Ribuan Ton Inti Kelapa Sawit Asal Boven Digoel Dikirim ke Bontang

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Inti kelapa sawit merupakan produk akhir dari industri pembuatan…