Sulaeman Hamzah Serahkan Bantuan Freezer di Gudang Arang

Anggota DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah bersama Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah menyerahkan bantuan freezer kepada Kelompok Olahan Ikan Gudang Arang Merauke, Papua. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Daerah Pilihan (Dapil) Papua H. Sulaeman L. Hamzah bersama Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah menyerahkan bantuan satu buah freezer kepada salah satu kelompok olahan ikan di Gudang Arang, Merauke, Papua, Sabtu (28/8/2021).

Bantuan freezer merupakan hasil perjuangan aspirasi masyarakat yang diperjuangkan H. Sulaeman selaku wakil rakyat di Senayan kepada Kementrian KKP. Kemudian, penyalurannya melalui Dinas Perikanan Merauke untuk membantu masyarakat dalam pengolahan bakso atau ikan.

“Ini merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui jalur aspirasi H. Sulaeman. Kami dari dinas hanya membantu proses administrasi dan ikut menyalurkan ke masyarakat. Terima kasih perjuangan Pak Sulaeman di pusat hingga masyarakat mendapatkan bantuan ini,” ujar Kepala Dinas Perikanan Merauke, Suhono Suyanto yang juga hadir dalam giat tersebut.

Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah sekaligus Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah meminta setiap program bantuan yang diberi harus dilaksankan dan digunakan secara kelompok. Setiap ada persoalan mesti didiskusikan secara baik supaya tidak ada kendala, agar kegiatan program tetap berjalan dan membuahkan hasil.

“Kami dari Rumah Aspirasi berharap semua program digunakan dan dijalankan dengan baik. Sebab ada banyak bantuan yang kami berikan itu kebanyakan datang dari kantong sendiri selain bantuan aspirasi,” ucap Fauzun.

Fauzun menjanjikan bahwa akan ada program lain yang nanti diberikan kepada nelayan dan untuk kebutuhan peralatannya dapat diperjuangkan di pusat melalui wakil rakyat Fraksi NasDem H. Sualeman.

“Kita datang bukan hanya mau mendekati Pemilu tapi setiap ada kesempatan dan atas permintaan masyarakat, sehingga dapat mendengar aspirasi yang disampaikan,” sambung Fauzun.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem, H. Sualeman L. Hamzah mengatakan, bantuan freezer merupakan realisasi permintaan kelompok olahan ikan pada pertemuan sebelumnya.

“Bantuan freezer yang diminta masyarakat sudah terpenuhi. Tugas saya hanya menyuarakan dan menyalurkan ke sini. Kalau saja semua dinas merespon baik aspirasi yang datang dari masyarakat dan bisa kerja sama dengan kami, ini akan sangat baik dalam melayani masyarakat,” ungka Sulaeman.

Menurutnya, ada dinas terkait yang tidak merespon terhadap semua proses sehingga agak terhambat dalam memproses bantuan. Kembali dikatakan, situasi Covid-19 membuat anggaran terpotomg separuh dari yang dianggarkan setiap tahun. Karena itu, ia sangat bersyukur bantuan yang sudah ada sebagai wujud perjuangan yang berhasil diboyong ke daerah.

Dihadapan Kadis Perikanan, Anggota Komisi IV DPR RI menyarankan jika ada hal yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan yang tidak bisa diperjuangkan dinas setempat maka bisa menyampaikan kepadanya untuk diteruskan ke pusat.

Tak lupa H. Sulaeman sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang memberikan sumbangan suara sehingga dirinya bisa duduk lagi di Senayan, begitu juga dengan ibu Fauzun.

Ketua Kelompok Olahan Ikan, Hariyati Gebze melalui sekertarisnya Yanti Mariyani Gebze menyampaikan terima atas kunjungan sekalian penyerahan bantuan kepada mereka warga pinggiran kota. “Ini spesial, bapak bisa sampai di sini,” ucap Yanti.

Di Gudang Arang, kata Yanti ada banyak kelompok pengolahan hasil laut, ada juga kelompok infrastur, nelayan, kreatif limbah kerajinan tangan, dan kelompok pengelola minyak ikan gastor. Besar harapan setiap kelompok ini mendapat bantuan dari pemerintah maupun melalui jalur aspirasi.

“Kita semua punya krekatifitas, hanya saja modal tidak didukung dan kendala pada pemasaran, ijin halal, kemasan dll. Jadi bapak, ibu bisa bantu kita untuk memudahkan prosesnya sehingga pasarnya bisa lebih meluas,” pinta Yanti.

Mewakili Kelompik Yanti minta bantuan motor tiga roda yang akan digunakan untuk memasarkan hasil olahan serta pembentukan koperasi. Keluhan itu langsung dijawab kegislator Fauzun Nihayah.

“Terkait ijin halal bisa dikomunikasikan dengan MUI bagaimana mekanismenya, nanti kami siap bantu. Kami memiliki beberapa unit motor roda tiga yang bisa dibagikan bagi masyarakat,” sebut Fauzun.

Lanjut Sulaeman menkankan motor roda tiga akan dikasi untuk digunakan secara kelompok bukan perorang. Untuk permintaan pembentukan koperasi, menurut Sulaeman bisa saja dibetuk dan menghimpun semua kelompok yang ada.

“Nanti biaya notarisnya saya yang bantu. Karena koperasi ini bagus, nanti kita buatkan pelatihan supaya mengelola koperasi yang benar dan kita jadikan koperasi percontohan,” imbuhnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan satu buah freezer untuk kelompok olahan ikan Gudang Arang, satu buah lagi diserahkan untuk kelompok di Semangga. Kali ini, kegiatan H. Sulaeman didampingi Anggota DPRD Kabupaten Merauke Fraksi NasDem yakni Johan Paulus dan Sugyanto. Semua tingkatan legislatif ini sangat kompak dan jalan bersama ketika menjaring aspirasi atau menyerahkan bantuan kepada konstituen.