Kader Garda Pemuda NasDem Papua Barat menunjukan kantong darah usai mendonor di Kander Caffee Manokwari, Jumat (13/8/2021).

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Hari pertama pelaksanaan donor darah yang digelar Pemuda Siaga Pandemi PSP BERDERMA gandeng DPW Garda Pemuda NasDem Papua Barat di Kandera Caffee, Manokwari menyumbang 71 kantong kepada Masyarakat Manokwari melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi setempat.

Jumlah 71 kantor dari 114 orang yang discrining ini cukup signifikan, antusias masyarakat yang bersedia memberikan “setetes darah untuk kehidupan” menjawab kebutuhan stok di Palang Merah Indonesia Provinsi Papua Barat.

“Hari ini ada 114 orang yang mendaftar dan screening tetapi yang bisa mendonor hanya 71 orang,” kata kepala unit donor darah PMI Provinsi Papua Barat dr.Christina,M.Ling kepada wartawan di Kandera Coffee, Reremi Palapa, Kabupaten Manokwari, Jumat (13/8/2021).

Sekira 70 persen orang yang mendaftar bisa mendonorkan darah melalui kegiatan PSP BERDERMA Garda Pemuda NasDem Provinsi Papua Barat ini.

Dijelaskan dr Christina, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti kurang tidur, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi dan ada juga yang baru vaksin 1 hari sehingga tidak bisa donor, karena kesehatan tidak stabil.

“Yang mau donor itu orang yang sehat, tekanan  darah sistole minimal 110 – 160 sedangkan diastole 70 – 100, kemudian harus tidurnya cukup, makan cukup, tidak konsumsi obat-obat diluar vitamin,” pesan kepala unit donor darah PMI Provinsi Papua Barat.

Sementara itu ketua Satgas PSP BERDERMA Provinsi Papua Barat Rolando P.L Mansawan memberikan apresiasi kepada masyarakat Manokwari yang sudah berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk kehidupan orang lain.

Kegiatan ini akan dilanjutkan Sabtu (14/8/2021) mulai pukul 09.00 WIT akan dihadiri Gubernur Papua Barat yang juga Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Papua Barat .

“Mari bapa, mama, kaka, ade, teman dong semua yang ingin memberikan setetes darah untuk kehidupan orang lain, melalui aksi sosial PSP BERDERMA bersama DPW Garda Pemuda NasDem Papua Barat di Kandera Caffee, Reremi Palapa, Manokwari,” ajak pengusaha muda yang berjiwa sosial itu sembari mengatakan, setelah donor akan diberikan sembako dan APD.

Berita lain untuk anda