Mantaap, Polres Jayapura Bekuk Pelaku Pembuat Surat PCR Palsu

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, Wakapolres Jayapura, Kasat Reskrim Polres Jayapura AKP. Sigit Susanto,S.I.K dan Perwakilan KKP Karanrtina Bandara Sentani saat press realese.

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Jayapura berhasil membekuk empat pelaku pembuat surat PCR Palsu di bandara, satu diantaranya merupakan calon penumpang yang akan melakukan perjalanan keluar daerah Papua.


Kasus ini terus didalami Polres Jayapura melalui Satuan Reserse Kriminal berdasarkan hasil penangkapan para pelaku pembuat surat keterangan hasil Swab PCR palsu di bandara Sentani, Jayapura pada Kamis pagi, (05/08/2001

Dari tiga pelaku tersebut terdiri dari seorang pria dan dua wanita, masing – masing berinisial SM (23), NK (22) dan MA (20). Sedangkan untuk pembuatan surat keterangan hasil pemeriksaan Swab PCR (poly chain reaction) terjadi pada hari Senin, 02/08 pagi di bandara Sentani Kabupaten Jayapura.


Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tiga pelaku pembuat surat PCR palsu tersebut.

“Penangkapan tersebut berawal dari petugas KKP Bandara Sentani menemukan seorang calon penumpang berinisial TH (38) yang menggunakan surat hasil PCR palsu, sehingga hal tersebut dilaporkan ke kami, berdasarkan laporan tersebut anggota Polsek Kawasan Bandara Sentani langsung mengamankan salah seorang tersangka berinisial SM (23), kemudian nggota mengembangkan kasus ini ke rumah kos – kosan pelaku yang berada di pasar baru Youtefa Abepura, disana anggota kembali berhasil mengamankan 2 orang wanita yang juga pelaku berinisial NK (22) dan MA (20), ” jelas Kapolre.


Lanjut AKBP Fredrickus, dari hasil penggeledahan di kos – kosan pelaku didapati peralatan untuk membuat surat Swab PCR palsu diantaranya kartu vaksin, laptop, printer, cap/stempel dan beberapa lembar surat PCR palsu.


Saat ini ke tiga pelaku dan seorang calon penumpang berinisial TH (38) masih intensif dilakukan pemeriksaan dan telah ditetapkan sebagai tersangka, masih kami dalami sudah berapa lama mereka beroperasi di bandara Sentani.

” Ketiganya dan seorang penumpang tersebut saat ini telah kami tahan dan mendekam di sel tahanan Polres Jayapura, ketiga pelaku dan penumpang kami jerat dengan pasal 263 ayat 1 KUHP tentang pemalsuan dokumen atau surat, dengan ancaman hukuman maksimal 6 Tahun penjara,” tutup Kapolres Jayapura.