Berita

Malut Masuk Lima Besar Provinsi Dengan Bahasa Terbanyak di Indonesia

×

Malut Masuk Lima Besar Provinsi Dengan Bahasa Terbanyak di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman bersama Rektor Unkhair, Prof. Dr. Husen Alting. SH, MH meresmikan Gam Madoto atau Kampung Bahasa Tagafa, di Kecamatan Pulau Moti Kota Ternate. Rabu (4/8/2021) kemarin. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Rektor Universitas Khairun, M. Ridha Ajam mengatakan, jika Maluku Utara masuk lima besar bahasa terbanyak di Indonesia.

1368
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mengutip dari hasil penelitian almarhum Yusuf Abdurahman mantan Rektor Unkhair dan Prof. Gufran Ali Ibrahim menyimpulkan ada 30 bahasa di Maluku Utara dan 30 bahasa itu paling tidak setengahnya dikuasai di sebuah kampung yang disebut prototype kampung majemuk Kampung Bahasa yang ada di Maluku Utara, Indonesia, bahkan Dunia.

“Kami berkeinginan kampung majemuk Tafaga ini dapat dikenal. Kami butuh support dari pemerintah dan masyarakat. Kami dari kampus membantu pemerintah dengan tiga daerah terluar, Moti, Hiri dan Batang Dua dengan nawaitu yang suci, membawa leader market bahasa dari Tafaga,” ungkap M. Ridha Ajam kepada wartawan, di Ternate, Senin (16/8/2021).

Sementara itu, Rektor Unkhair, Husen Alting mengatakan, bahwa peresmian Gam Modoto beberapa waktu lalu, merupakan bagian dari pengabdian Perguruan Tinggi kepada masyarakat.

“Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian. Ini adalah pengabdian universitas Khairun kepada masyarakat lewat bidang bahasa. Ini akan kami terapkan di beberapa lokasi,” tandas Rektor Unkhair.