TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dengan skor yang semakin baik, Kota Ambon akhirnya naik ke Zona Kuning (Resiko Rendah) dalam Peta Resiko Penyebaran Covid-19 Provinsi Maluku.

Berdasarkan rilis Kementerian Kesehatan RI per 22 Agustus 2021 diketahui Kota Ambon mengalami trend peningkatan poin sebesar 0.40 dari minggu sebelumnya, sehingga mencapai skor 2.68. Berdasarkan data itu pula diketahui semua Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, kini telah berada pada Zona Kuning (Resiko Rendah).

Berpindahnya zonasi Kota Ambon dari Oranye (Resiko Sedang) ke Kuning (Resiko Rendah) sudah diprediksi sebelumnya.

Pasalnya, saat berada pada Zona Oranye minggu lalu, skor kota Ambon 2.28 poin, hanya terpaut 0.12 poin dari Zona Kuning.

“Tentunya kita optimis jika kondisi ini tetap bertahan, minggu ini kita dapat masuk ke Zona kuning, dan itu memang terbukti. Untuk itu Tim Satgas tetap memberikan himbuan kepada masyarakat untuk memberi dukungan terhadap vaksinasi, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” Kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, penurunan kasus positif dan angka kematian memberi pengaruh signifikan terhadap skor zonasi kota Ambon.

Penurunan kasus positif Covid-19 di Kota Ambon juga berdampak pada tutupnya dua dari tiga Rumah Sakit Lapangan yang dioperasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Penutupan dua RS Lapangan Pemkot Ambon menjadi pertanda positif. Hal itu menunjukan bahwa angka kesembuhan semakin tinggi, disamping itu angka kematian juga semakin berkurang,” tandas Joy.

Naiknya Ambon ke Zona Kuning juga menjadi angin segar bagi upaya pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat, seiring dengan pelonggaran yang diberikan kepada masyarakat maupun pelaku usaha dalam perpanjangan PPKM Mikro Level 3 di Kota Ambon mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021 mendatang.

Berita lain untuk anda