Tahap Lanjutan 7,1 Km Ruas Jalan Soppeng–Batas Sidrap Siap Dituntaskan

Inilah ruas jalan utama penghubung Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap yang sudah bisa dinikmati masyarakat. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Akses jalan yang mulus kini bisa dinikmati di ruas Kabupaten Soppeng hingga batas Kabupaten Sidrap. Masyarakat bisa menikmati akses jalan yang merupakan ruas jalan utama penghubung Kabupaten Soppeng dan Sidrap itu.

Mengingat kondisi sebelumnya, ruas Kabupaten Soppeng hingga ke batas Kabupaten Sidrap mengalami rusak berat.

PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembangunan ruas jalan ini dikerjakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan nilai kontrak senilai Rp 33 miliar untuk jalan sepanjang 7,1 Km.

“Alhamdulillah, progresnya sudah 100 persen. Kini ruas jalan utama penghubung Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap sudah bisa dinikmati masyarakat,” kata Andi Sudirman kepada wartawan, di Makassar, Senin (5/7/2021).

Andi Sudirman mengaku, Pemprov Sulsel terus memacu infrastruktur ruas jalan dengan LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) kategori tinggi.

“Jika LHR tinggi kita intervensi, maka banyak pengguna menikmati sehingga pergerakan barang dan jasa dapat memacu pertumbuhan ekonomi secara cepat,” jelasnya.

Diharapkan, dengan mendorong infrastruktur ini, bisa mempercepat akses distribusi barang dan jasa.

Ditambahkan Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Sukarlan, jika pembangunan ini dilakukan secara bertahap. Untuk penanganan tahun ini dengan pelebaran dan pengaspalan jalan sepanjang 7,1 km dan lebar 7 meter.

“Masih tersisa jalan kondisi rusak berat sepanjang 1,6 km. Rencana akan dilanjutkan penanganan tahun 2022 pada kondisi jalan yang rusak, target penuntasan,” tandas dia.