Untuk Kedua Kalinya Ambon Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, saat menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat pratama tahun 2021 secara virtual, Kamis (29/7/2021) di Balai Kota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat pratama tahun 2021 kembali diraih Kota Ambon. Sebelumnya, penghargaan yang sama pernah diraih kota ini pada 2019.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, yang digelar Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) secara Virtual, Kamis (29/7/2021) di Balai Kota Ambon.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali menyampaikan apresiasinya, karena KotaAmbon kembali meraih predikat KLA Pratama.

“Untuk kedua kalinya, Ambon menerima penghargaan sebagai KLA oleh kementerian PPA dalam predikat yang sama, yakni tingkat pratama,” ujarnya.

Dia mengaku, masih banyak indikator yang harus dipenuhi oleh Kota Ambon, untuk dapat naik ke predikat yang lebih tinggi.

“Dalam memenuhi indikator ini, tidak diharapkan pada Satuan Tugas KLA Kota Ambon, tetapi seluruh dinas dan unit kerja bahkan stakeholder,” tegas Wawali.

Menurutnya, akademisi, dunia usaha bahkan media, juga memiliki peran dan kapasitas dalam menciptakan suasana aman dan nyaman bagi anak, termasuk pemenuhan hak, dan perlindungan anak.

“Kedepan harus bisa dikomunikasikan secara baik, untuk sinergitas bersama, sehingga paling tidak predikat kita dapat naik satu tingkat diatas pratama” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD), Meggy Lekatompessy, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras mewujudkan Ambon sebagai KLA.

“Terima kasih atas kerja keras Gugus Tugas dan semua pihak, sehingga Penghargaan KLA tingkat Pratama dapat kembali diraih. Hal ini menjadi motivasi bagi Pemerintah untuk terus berupaya agar Kota Ambon mendapat predikat yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penghargaan sebagai KLA oleh Kementerian PPA terdiri dari Predikat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.