Ketua Barisan Pemuda Pengawal Nusantara (BPPN), Otis Howay, S.H. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Perjuangan pemekaran provinsi Papua Barat Daya (PBD) hingga saat ini telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Masyarakat Papua Barat mengharapkan pemerintah segera membuka moratorium atau penangguhan pemekaran wilayah Papua.

Masyarakat menginginkan pembentukan daerah otonom baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya segera dikabulkan.

Menanggapi persoalan tersebut, ketua Barisan Pemuda Pengawal Nusantara (BPPN), Otis Howay, S.H, mengatakan semua daerah mempunyai kepentingan memiliki daerah otonom baru (DOB).

Menurutnya, khusus untuk pemekaran DOB provinsi Papua Barat Daya yang sudah diperjuangkan selama bertahun-tahan seperti dipersulit.

“Semua daerah di republik ini mempunyai kepentingan memiliki Daerah Otonom Baru. Hanya saja untuk pemekaran provinsi Papua Barat Daya, inikan sudah diperjuangkan selama bertahun-tahun, tapi sepertinya dipersulit hingga saat ini,” ujar Otis Howay, Minggu (4/7/2021).

Dikatakannya, seluruh masyarakat Papua Barat, khususnya masyarakat yang ada di wilayah kepala burung (Sorong Raya) berharap pemerintah melihat persoalan pemekaran provinsi PBD sebagai salah satu agenda penting untuk mempercepat pembentukan provinsi PBD.

“Kami berharap pemerintah melihat hal ini sebagai salah satu agenda penting untuk mempercepat proses pembentukan provinsi Papua Barat Daya. Kami bersama masyarakat Papua Barat yang ada di Sorong Raya menginginkan pemerintah secepatnya melihat hal ini,” tandas Howay.

Menurutnya pembentukan DOB provinsi Papua Barat Daya adalah harapan masyarakat Papua Barat yang ada di wilayah Sorong Raya. Dimana pembentukan DOB PBD ini akan membuka peluang bagi generasi muda orang asli Papua untuk mendapatkan pekerjaan.

“Pemekaran DOB Papua Barat Daya inikan akan membuka peluang bagi generasi muda, khususnya generasi muda orang asli Papua. Hal ini sebenarnya supaya tidak ada pengangguran terhadap anak-anak asli Papua. Hal ini supaya mereka tidka mudah terpengaruh dengan ideologi-ideologi yang menyesatkan, yang terjadi saat ini di Papua,” tegasnya.

Sebagai Barisan Pemuda Pengawal Nusantara, pihaknya berkomitmen untuk mengawal dan meneruskan cita-cita perjuangan para pejuang pemekaran DOB PBD.

“Kami sebagai Barisan Pemuda Pengaman Nusantara, kami berkomitmen untuk meneruskan cita-cita perjuangan para pejuang pemekaran DOB Papua Barat Daya, dan kami tidak akan mudur selangkah pun,” tegas Otis Howay.

Berita lain untuk anda