Tim medis saat melakukan screening terhadap peserta vaksin di pelabuhan Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, Komando Armada (Koarmada) III bersinergi dengan satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah menggelar Serbuan Vaksinasi TNI bagi masyarakat maritim di Pelabuhan Umum Sorong, Minggu (18/7/2021.

Pantauan media ini, masyarakat tampak antusias mengikuti serbuan vaksinasi yang menargetkan para Anak Buah Kapal (ABK), tenaga bongkar muat, penumpang kapal laut, dan masyarakat pada umumnya.

Kepala Staf Komando Armada III, Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., menjelaskan, serbuan vaksinasi Covid-19 ini didukung 50 orang tenaga vaksinator.

Menurut Kepala Staf Koarmada III, serbuan Vaksinasi TNI ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., dalam rangka mendukung program nasional satu juta orang tervaksin dalam sehari.

“Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim baik di pesisir maupun di pulau-pulau kecil yang sangat sulit dijangkau transportasi apapun bahkan listrik juga belum ada, ” Ujar Kepala Staf Komando Armada III.

Khusus di Sorong, para Perwira Koarmada III memberikan sosialisasi secara persuasif kepada para porter, tenaga bongkar muat pelabuhan, dan pedagang pelabuhan tentang pentingnya melaksanakan vaksin dan disiplin menerapkan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

Setelah diberikan penjelasan maka sejumlah warga yang beraktivitas sehari-hari di pelabuhan dan sekitarnya melaksanakanan vaksin dengan kesadaran sendiri.

“Dengan adanya serbuan vaksinasi ini, masyarakat yang tidak belum tahu kita datang kesana. Kita memberikan edukasi agar mau divaksin guna meningkatkan imun tubuh. Kesadaran mereka luar biasa, mereka datang berduyun-duyun kesini yat artinya edukasi yang kita berikan itu berhasil. Lagi pula serbuan vaksinasi ini digelar secara gratis, aman, halal, tidak ada efek samping yang mempengaruhi tubuh mereka, “jelas

Ia percaya jika seluruh masyarakat Indonesia sudah divaksin dan mendapatkan herd Immunity, maka kehidupan masyarakat akan berangsur normal, dan pertumbuhan ekonomi akan kembali stabil.

Berita lain untuk anda