Pemotongan hewan kurban di Mesjid Baitul Makmur Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pada hari raya Idul Adha 1442/2021, DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Merauke mengurbankan 60 ekor sapi dan 16 ekor kambing yang tersebar di delapan distrik dan 16 kampung/kelurahan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Merauke, H. Bekti Utomo menerangkan, total kurban tahun ini sedikit menurun, dibanding tahun kemarin yakni, sebanyak 69 sapi dan sekitar 40 ekor kambing yang disembelih.

Namun, jumlah bukanlah menjadi soal, yang terpenting adalah keikhlasan untuk berbagi. Sebagaimana makna dari Idul Adha adalah keikhalasan berbagi sebagai umat muslim, dengan tema tema ‘wujudkan ketakwaan dan kepedulian sosial di masa pandemi dengan berkurban.’

“Dengan adannya berkurban menunjukan ketakwaan kepada ASWTA. Kekuatan iman umat muslim semakin kokoh, serta kita semakin tekun dalam menghadapi cobaan dimasa Pandemi Covid-19,” ucap Bekti di Halaman Mesjid Baitul Makmur Merauke, Selasa (20/07).

Lanjut disampaikan, dari total hewan kurban tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakannya hewan sebelum dipotong, yang dilakukan petugas kesehatan hewan.

Daging dan tulang yang sudah dipotong lalu dikemas sebanyak 1.700 paket. 58 paket untuk tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua Ormas dan lainnya masing-masing 3 Kg. Enam paket untuk pondok pesantren dan satu paket untuk Yayasan Penyandang Cacat di Jalan Domba seberat 5 Kg dan untuk masyarakat 1 Kg.

“Tidak ada aktifitas masyarakat datang mengantri, semua paket kita bagikan ke pihak penerima,” tegasnya.

Selain ditiadakan antrian penerima kurban, pihaknya juga melakukan salat Idul Adha sesuai anjuran pemerintah yakni 30 persen dengan menerapkan protokol kesehatan agar menekan penularan virus Covid-19 maupun varian baru.

Berita lain untuk anda