Dampak Covid-19, Omzet Penjualan Bendera dan Umbul-Umbul Jelang HUT RI ke-76 “Terjun Bebas”

Umbul-umbul dan bendera merah putih yang dijual di sisi jalan depan Bandara DEO Sorong. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Seperti biasa menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus setiap tahun berjalan, para pedagang musiman pernak pernik merah putih mulai menghiasi jantung kota.

Di kota Sorong Papua Barat, menjelang HUT RI ke-76, tampak di sepanjang Jl.Basuki Rahmat antara kilo meter 7 hingga kilo meter 10, berbagai jenis bendera merah putih, umbul-umbul dan sovenir Kemerdekan RI dijajakan disepanjang sisi jalan.

Bendera dan umbul-umbul merah putih yang dijajakan di sisi jalan depan Bandara DEO Sorong. Foto Wim/TN.

Pernak pernik yang didominasi warna merah dan putih serta lambang negara burung Garuda dan Pancasila yang tergambar di sejumlah kain itu, seakan memberikan pemandangan menarik bagi warga Sorong yang melintasi jalan protokol tersebut.

Dian alias Nen, perempuan asal Garut Jawa Barat ini, mengaku setiap tahun dirinya menjual bendera dan umbul-umbul kemerdekaan RI di kota Sorong.

“Saya dari Garut Jawa Barat mas, saya sudah dua pekan ini menjual bendera dan umbul-umbul merah putih di sini (kota Sorong),” ujarnya kepada media ini, Sabtu (31/7/2021).

Ia pun mengaku beberapa hari terakhir ini pembeli agak sepi. “Beberapa hari ini agak sepi pembelinya. Tapi biasanya pas tanggal gajian atau imbauan pemerintah untuk naikan bendera merah putih, itu pasti laris mas,” tandas Dian alias Nen.

Menurutnya, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pendapatannya tidak sebanding dengan tahun-tahun sebelum Covid-19. “Dulu waktu belum Covid, pendapatannya itu besar, pas Covid, daya beli masyarakat sudah mulai menurun,” imbuhnya

Bendera dan umbul-umbul tersebut diperolehnya dari agen penyalur. Harganya pun bervariasi mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp250 ribu per lembar.

Dikatakannya, bendera merah putih dari ukuran paling kecil sampai yang paling besar dihargai Rp10 ribu sampai Rp75 ribu. Sedangkan untuk umbul-umbul dihargai mulai dari Rp25 ribu sampai Rp250 ribu.