Penyerahan hewan kurban di Halaman Mesjid Raya Al-Aqsa Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT menyerahkan satu ekor sapi kurban ke Panitia Hewan Kurban Mesjid Raya Al- Aqsa Merauke, Senin (19/07).

Bukan hanya itu, hampir semua masjid yang ada di Kota Merauke mendapatkan bantuan hewan kurban dari Pemkab setempat.

“Hampir seluruh mesjid di kota mendapatkan bantuan hewan kurban. Dan juga mesjid di daerah Ulilin, Elokobel, Sidomulyo,” ujarnya kepada wartawan.

Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah sekaligus mengajak seluruh masyarakat agar tetap bersatu mendukung jalannya roda pemerintahan di wilayah setempat.

Menurut Romanus, ketika pemerintah dan masyarakat bersatu, maka segala persoalan yang diahdapi akan mampu diselesaikan bersama.

Lebih lanjut, terkait pemotongannya harus sesuai dengan standar kesehatan yakni di Rumah Potong Hewan (RPH) Mopah.

Sedangkan terkait salat Idul Adha, Romanus tegaskan agar dibatasi yakni 30 persen dari kapasitas rumah ibadah. Sisanya boleh dilakukan di rumah masing-masing dengan tetap menerapkan prokes.

Mewakili jamaah, Ketua Pengurus Kesejahteraan Mesjid Raya Al- Aqsa Merauke, Ilhamsar Lubis menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemkab setempat.

Diharapkan dengan dukungan hewan kurban ini akan memberikan bantuan kepada masyarakat kecil yang membutuhkan dan masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Total hewan kurban sementara yang sudah terdaftar sebanyak enam ekor sapi. Ada kemungkinkan empat hari ke depannya akan ada lagi yang mendaftar untuk serahkan lagi.

“Daging kurban akan kami didistribusikan kepada jamaah yang membutuhkan. Pembagian akan disiapkan kartu bagi yang perorangan sementara untuk yang kelompok, oleh panitia akan mengantar langsung ke tempat tinggal,” tutur Ilham.

Berita lain untuk anda