Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sedang menuju finalisasi penyusunan RPJMD.

“Di Visi Misi kami itu, ada tergambar terkait dengan apa yang disampaikan masuk di Program Prioritas yaitu Prioritas Kesembilan Revitalisasi dan Penataan Ruang Kota yang berkelanjutan. Kota Ternate ini suatu ketika akan dihadapkan dengan masalah lingkungan dan tata ruang, karena terkait dengan ruang kuning, batas membangun, dan potensi-potensi bencana yang suatu saat bisa terjadi,” ucap Wali Kota Ternate.

Pernyataan Wali Kota ini disampaikan, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Delineasi Wilayah Perencanaan dalam penyusunan Materi Teknis RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Kota Ternate, Rabu (30/6/2021).

FGD ini diprakarsai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II.

“Penyusunan rencana detail tata ruang ini harus dibahas secara benar, karena terkait juga dengan permasalahan kebencanaan. Kenapa? Karena Ternate adalah salah satu kota yang masuk dalam kategori daerah Ring of Fire (langganan bencana),” ujar dia.

Wilayah pemetaan dan kawasan perencanaan yang diusulkan untuk wilayah Kota Ternate yakni Kecamatan Ternate Utara, Kecamatan Ternate Tengah dan Kecamatan Ternate Selatan.

“Wilayah-wilayah tersebut dipilih berdasarkan beberapa faktor, diantaranya kesesuaian tata ruang, peluang pengembangan dan risiko bencana,” tandas Wali Kota.

Berita lain untuk anda