Pembangunan Ruas-ruas Jalan di Tana Toraja Ini Kembali Dilanjutkan

Pembangunan ruas jalan Passobo-Matangli-Massupu, di Kabupaten Tana Toraja, yang kembali dilanjutkan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, terus mendorong pemerataan pembangunan, khususnya di daerah terisolir. Salah satunya dalam pembangunan jalan ruas Passobo-Matangli-Massupu, di Kabupaten Tana Toraja.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melakukan pembukaan jalan penghubung Kabupaten Tana Toraja–Pinrang, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Sukarlan menyebutkan, progres pengerjaan jalan tersebut pada tahun ini sudah mencapai 41,35 persen.

Untuk pengerjaan jalan alternatif utama tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk tahun 2021, dikucurkan sekitar Rp 67,6 miliar untuk pengerjaan sepanjang 8,5 km.

“Dengan penanganan sepanjang 8,5 km pengaspalan (pelebaran) jalan,” ungkapnya kepada wartawan, di Makassar, Selasa (29/6/2021).

Ia menyampaikan, ini merupakan wujud kepedulian Plt Gubernur Sulsel terhadap masyarakat. Dimana warga setempat sangat mendukung pembangunan ini, apalagi melihat kondisi sebelumnya rusak berat dengan permukaan jalan tanah dan pengerasan (kerikil).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, jalan ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mempermudah akses distribusi barang.

“Alhamdulillah, progres ruas jalan ini sudah 41,35 persen dengan tahapan pengaspalan. Jalan ini nantinya dapat membuka akses daerah terisolir Simbuang di Kabupaten Tana Toraja sebagai penghasil kopi, dan akses ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tana Toraja,” ucapnya.

“Ruas jalan ini kami bangun secara bertahap sebagai wujud pemerataan pembangunan dan berkeadilan,” tandas PLT Gubernur Sulsel.