Pemasangan tanda mengenal peserta Musda GOW Kabupaten Merauke oleh Sekda Merauke, Ruslan Ramli. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Merauke melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) IV tahun 2021, Kamis (10/06).

Kegiatan Musda diselenggarakan di Halogen Hotel Merauke dengan tema ‘Kepemimpinan Perempuan Masa Depan’ dan sub tema ‘Melalui Musda GOW Perkuat Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Bumi Animha.’

Ketua PKK Kabupaten Merauke sekaligus Penasehat GOW, Imelda Carolina Mbaraka dalam sambutannya mengatakan 28 organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Merauke harus bisa memberikan dukungan kepada pemerintah dalam membangun daerah.

“Guna mencapai tujuan tersebut perlu ada kerja sama yang baik dari semua pengurus dan anggota GOW. GOW harus merangkul ibu-ibu muda agar terlibat dalam kegiatan organisasi. Karena saya lihat ibu-ibu muda untuk masuk di dalam organisasi wanita itu sangat kurang,” ujar Imelda.

Sebagai istri Bupati Merauke, Imelda harapkan ada dukungan dari pemerintah daerah terhadap tumbuh kembangnya organisasi wanita, terutama pencapaian visi dam missi organisasi.

Sekda Merauke, Ruslan Ramli dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan tema yang diangkat menunjukan bahwa peran perempuan untuk meningkatkan SDM sangat sejalan dengan visi bupati. Tinggal dipertajam lagi dengan program kerja.

“Program kerja jangan terlalu banyak, sedikit tapi menyentuh,” tandasnya.

Sekda mengangkat terkait masalah sunting di Merauke tidak terlepas dari tanggung jawab wanita hebat dalam memerangi sunting guna mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan berkualitas.

Musda kali ini sekaligus dilakukan pemilihan ketua GOW dan perangkat organisasi yang baru. Sekda berharap siapapun nanti yang terpilih bisa saling mendukung agar GOW berjalan maksimal.

“Kolaborasi, soliditas dan kerja sama yang baik akan memajukan dan mensukseskan setiap program yang akan dijalankan. 28 organisasi yang tergabung dalam GOW harus punya inovasi dan konsep yang dikembangkan dalam mememajukan organisasi,” ucap Ruslan.

Lanjut kata Rislan, APBD Kabupaten Merauke 2021 hanya 1,2 triliun rasanya tidak mungkin membangun seluruh infrastruktur secara merata. Maka perlu menjalankan ekonomi mikro, salah satunya peran serta dari GOW sebagai bagian dalam membantu pemerintah meningkatkan ekonomi daerah.

“Bagaimana kita melihat potensi dan peluang pemasaran di daerah. Harapan saya, mari program kerjanya betul-betul yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat,” pinta Sekda.

Satu hal yang ditekankannya, bahwa tidak lama lagi, Merauke akan kedatangan tamu dari 33 Provinsi di Indonesia. GOW harus menyiapkan potensi apa yang bisa dipasarkan selama pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021 Klaster Merauke.

Berita lain untuk anda