Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPPSDMP) Kominfo Makassar menggelar Vocational School Graduate Academy (VSGA), yang berlangsung di Hotel Sahid Bela Ternate, Rabu (16/6/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, Djunaedy Aspan mengatakan, kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang digelar kemarin, dimaksudkan untuk meningkatkan level kompetensi para lulusan SMK bidang TIK atau Perguruan Tinggi Vokasi untuk jenjang Pendidikan formal dan jenjang operator pada level 2 menjadi jenjang teknisi/analis pada level 4.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan daya saing bangsa dan melindungi tenaga kerja berbasis jasa, dalam rangka menghadapi arus perdagangan jasa bebas, pemerintah menginginkan agar kualifikasi tenaga kerja dapat terukur,” ucap PLT Kepala BBPSDMP Makassar ini, kepada wartawan, di Ternate, Kamis (17/6/2021).

Secara khusus Program Fasilitasi Sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK ini di prioritaskan bagi angkatan muda, terutama kelompok masyarakat yang memerlukan dukungan pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mencari pekerjaan serta agar mampu berdaya saing dan mampu berperan lebih bermanfaat di masyarakat.

Terlebih dengan adanya tantangan perdagangan bebas wilayah Asean atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ucap Djunaedy dalam sambutannya

“Percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja bagi angkatan kerja muda, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam rangka mengakselerasi (mempercepat) pengembangan SDM berbasis kompetensi seperti yang selama ini dicita-citakan,” tambahnya.

Upaya akselerasi tersebut dilakukan untuk melaksanakan salah satu program Nawacita Pemerintah periode 2019-2024, yaitu peningkatan daya saing tenaga kerja, yang dibidang komunikasi dan informatika, yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berita lain untuk anda