Turun dari Pesawat, Bupati Merauke Langsung di Rapid Antigen

Petugas kesehatan melakukan rapid antigen kepada Bupati Merauke, Drs. Romanus Mvaraka, MT usai turun dari pesawat Lion Air. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai upaya agar Kabupaten Merauke bebas dari Covid-19, Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT mengambil kebijakan dengan mewajibkan setiap penumpang pesawat yang datang ke Merauke harus di rapid antigen.

Petugas Bandara Mopah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Lanud J.A. Dimara Merauke dan Dinas Kesehatan bekerjasama melakukan tindakan pencegahan di Bandara Mopah.

“Ini kita antisipasi varian baru B.117 dari India sudah masuk ke Indonesia jangan sampai masuk ke Merauke,” ucap Romanus di VIP Room Bandara Mopah Merauke, Minggu (23/05).

Untuk itu setelah turun dari pesawat, Romanus dan dua stafnya langsung dirapid antigen di VIP Room dan hasilnya nonreaktif atau negatif.

Selanjutnya, seluruh penumpang juga dilakukan swab antigen. Bagi yang reaktif, langsung dikarantina di tempat yang disediakan Pemda setempat, bukan lagi karantina mandiri di rumah masing-masing.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Merauke, yang mau taat Prokes maupun larangan saat lebaran kemarin. Sehingga tidak terjadi ledakan pasien Covid-19 di Merauke. Saat ini, kata Romanus, pasien Covid-19 di Merauke terus menurun.

“Menurut Presiden sampaikan, cuma dua persoalan di Indonesia saat ini. Satu, ketika Covid-19 ini aman, berarti ekonomi akan meningkat. Kalaupun kita kejar ekonomi, Covid-19 juga ikut meningkat. Mau tidak mau, dua-duanya harus seimbang. Sehingga wajib bagi siapapun untuk di rapid dan menerapkan protokol kesehatan,” pungkas dia.