Polisi Lakukan Penyelidikan Soal Pencurian Komputer Di Disdukcapil kota Sorong

Loket pelayanan pada Kantor disdukcapil kota Sorong dihentikan sementara waktu akibat komputer raib dicuri maling. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – komputer yang digunakan untuk melakukan pelayanan kependudukan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sorong raib digondol maling. Pihak kepolisian kini tengah melakukan penyelidikan.

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan saat dikonfirmasi media ini membenarkan adanya kasus pencurian yang terjadi di Disdukcapil kota Sorong. Ary menyebutkan, sebanyak lima unit komputer yang berhasil dibawa kabur pencuri.

“Ada lima komputer yang dibawa kabur, guna melakukan penyelidikan kami sudah melakukan olah TKP untuk penyelidikan lebih lanjut, ” jelas Ary.

Sebelumnya, pihak Dukcapil kota Sorong telah membuat laporan kehilangan ke Polres Sorong kota. Dalam laporan itu dijelaskan bahwa kasus pencurian tersebut terjadi pada Jumat (14/5/2021) sekitar pukul 02.00 WIT.

Akibatnya, pelayanan pembuatan Eletronik Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta dokumen kependudukan lainnya pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Sorong, dihentikan sementara. Sebab, lima komputer tersebut menyimpan data pelayanan dokumen kependudukan Disdukcapil kota Sorong.

Pihak Disdukcapil sendiri telah menempelkan pemberitahuan pada tembok-tembok bangunan kantor. Pengumuman tersebut bertuliskan, “Sehubungan dengan adanya insiden pencurian semua komputer pada loket pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Sorong, maka disampaikan kepada seluruh warga yang akan mengurus dokumen kependudukan bahwa untuk sementara waktu belum bisa dilayani sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, dan menunggu sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Hanya bisa dilayani pengambilan dokumen kependudukan yang telah diurus pada minggu-minggu sebelumnya. Kami sangat mengharapkan pengertian dan kerjasama seluruh warga Kota Sorong untuk dapat memaklumi hal ini,”