Berita

Pemkot Ternate Kembali Raih Opini WTP

×

Pemkot Ternate Kembali Raih Opini WTP

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, Dr. M Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2020 pada Kabupaten/Kota se-Maluku Utara, yang diselenggarakan di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2014 silam, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan keuangan pemerintah daerah tahun 2020, oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, laporan keuangan merupakan salah satu bentuk akuntabilitas atau pertanggungjawaban pemerintah daerah, atas pelaksanaan APBD sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang.

Menurutnya, BPK telah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan Pemkot tahun anggaran 2020 yang diawali dengan pemeriksaan intern, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan substantif.

4758
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kami menyadari meskipun laporan keuangan Pemkot 2020 memperoleh opini WTP, namun dari hasil pemeriksaan BPK masih ditemukan beberapa kelemahan, baik ketidakpatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku, maupun kelemahan sistem intern, kelemahan dan kekurangan yang ditemukan akan diperbaiki dan ditindaklanjuti,” ucap Wali Kota Ternate, Sabtu (22/5/2021).

Dikatakan, Pemkot Ternate telah menyusun rencana aksi dalam implementasi dan mohon bimbingan BPK, sehingga tindaklanjuti temuan BPK selesai tepat waktu.

Pemkot juga berkomitemen dan berupaya untuk menyelesaikan rekomendasi temuan hasil pemeriksaan BPK, termasuk hasil temuan tahun sebelumnya yang belum selesai lanjutnya.

“Kami berupaya mencari solusi terbaik dan efektif agar rekomendasi hasil pemeriksaan, yang berkaitan temuan kerugian keuangan negara atau daerah agar segera ditindaklanjuti,” tambahnya.

Disamping itu, Pemkot juga membutuhkan pendampingan dari BPK, karena adanya perubahan sistem pengelolaan keuangan dan dapat menimbulkan resiko salah saji dalam penyajian laporan keuangan tahun berikutnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Ternate juga meraih penghargaan Terbaik 1 Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2020 pada Anugerah Tata Kelola Keuangan Daerah.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Ternate juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, karena ini merupakan hasil kerjanya selama menjabat sebagai Wali Kota Ternate.