Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Upacara Kehormatan dan Renungan Suci yang berlangsung di Pattimura Park, Pukul 00.00WIT, Sabtu (15/5/2021).

Hal ini dilakukan, untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional asal Maluku Kapitan Pattimura yang jatuh pada tanggal 15 Mei.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru menjelaskan, Pemimpin Upacara atau Inspektur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Upulatu Upacara Penghormatan dan Renungan Suci yang digelar itu adalah Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Dan untuk komandan upacara adalah Camat Teluk Ambon, Ibu Imelda Tahalele,” kata Sekkot.

Upacara Renungan Suci tersebut diikuti oleh Forkopimda Kota Ambon, Para Pimpinan OPD, Perwakilan ASN, TNI dan POLRI, serta Raja, Lurah dan Para Kepala Desa.

“Ada juga perwakilan dari sekolah, baik SD maupun SMP, Perwakilan Unsur Pemuda, OKP, Perwakilan OSIS dan Pramuka,” ujar dia.

Terkait upacara Hari Kapitan Pattimura yang biasanya diselenggarakan di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah, Sekkot menjelaskan, Upacara tersebut untuk tahun ini oleh Pemerintah Provinsi Maluku dialihkan ke Pattimura Park yang berlangsung pada Sabtu pagi.

“Dengan mempertimbangkan kondisi pandemi, maka upacara Hari Kapitan Pattimura, oleh Pemerintah Provinsi Maluku, dilaksanakan di Kota Ambon, bertempat di Pattimura Park, pagi tadi,” tandas Sekkot.

Berita lain untuk anda