Kemenag Kaltara Masih Mencari Wilayah Ideal Untuk Memantau Hilal Idul Fitri

Kepala Seksi Urais Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Kaltara, H. Saimin. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Persiapan pemantauan hilal atau rukyatul hilal Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi di Provinsi Kalimantan Utara Selasa (11/5/2021), akan diawali dengan rapat persiapan di lingkungan Kanwil Kemenag Kaltara bersama Ketua Pengadilan Agama, Kepala BMKG, serta segenap organisasi massa di Kaltara.

“Sore, pukul 17.00 kita observasi hilal bertempat di rooftop (atap) Kantor Gubernur Kalimantan Utara. Persiapan mulai pukul 14.00 , kemudian pemantauan dari pukul 17.00 sampai pukul 18.00,” terang H. Saimin, Kepala Seksi Urais Bina KUA dan Keluarga Sakinah, lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Selasa (11/5/2021).

Saimin menambahkan, pemantauan hilal di Kaltara belum pernah berhasil dilakukan, bahkan sejak masih bernaung pada Provinsi Kalimantan Timur.

“Antara Kaltim dan Kaltara itu belum berpotensi untuk melihat hilal, disebabkan oleh beberapa hal, seperti belum ditemukannya tempat yang strategis,” ujarnya.

Namun demikian, pemantauan yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag tetap dilakukan untuk terus mengumpulkan data tempat-tempat, yang berpotensi untuk memantau hilal.

“Diantaranya ada di Nibung, Pulau Bunyu dari tengah laut, Kecamatan Sekatak dari sebuah areal tertinggi perkebunan sawit, kemudian di Kota Tarakan pada penentuan awal Ramadhan tempatnya di Taman Berlabuh itu berpotensi, tapi begitu sudah waktunya kita lihat itu awan tebal sekali sehingga tidak bisa terlihat,” tutup Saimin.

Pemantauan/rukyatul hilal serentak dilaksanakan, di seluruh Indonesia pada Selasa, 11 Mei 2021, sesuai arahan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk Kalimantan Utara sendiri, Kanwil Kemenag memilih Kantor Gubernur Kalimantan Utara sebagai salah satu tempat berpotensi, untuk melaksanakan pemantauan hilal Iedul Fitri 1442 Hijriah.