Hari Pertama Random Check Antigen di Bandara Mopah Merauke, Hasilnya Negatif

Random antigen di ruang kedatangan Bandara Mopah Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka pencegahan penanggulangan wabah virus Covid-19 di Kabupaten Merauke, Petugas Bandara Mopah dan instansi terkait melakukan random check antigen kepada penumpang pesawat udara yang tiba melalui Bandara Mopah Merauke, Kamis (20/05).

“Kita tindak lanjut edaran Bupati Merauke, maka hari ini kita lakukan random check antigen bagi penumpang yang datang dari luar,” ujar Kepala Seksi, Teknik, dan Operasi Bandara Mopah Agus Kurniawan.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut edaran Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka tertanggal 20 Mei 2021 : 440/1842. Ditujukan kepada Komandan Pangkalan Dimara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke, Kepala UPBU Bandar Udara Mopah Merauke dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke.

Bahwa, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351 dan B.1617 di Kabupaten Merauke, perlu dilaksanakan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus melalui mobilisasi penduduk baik pergi maupun datang, yang menggunakan alat transportasi udara.

Untuk maksud tersebut, para pihak terkait ini melakukan pengawasan secara ketat terhadap penumpang yang hendak keluar maupun masuk dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Terhadap penumpang yang hendak melakukan perjalanan keluar daerah, diwajibkan melakukan Rapid Test Antigen satu hari sebelum keberangkatan dengan dibuktikan Surat Keterangan Bebas Covid.
  2. Terhadap penumpang yang datang di Kabupaten Merauke, diwajibkan melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen satu hari sebelum keberangkatan dan test ulang pada saat tiba di Kabupaten Merauke.
  3. Pemeriksan Rapid Test Antigen pada saat tiba bertempat di Ruang Kedatangan Bandar Udara Mopah Merauke.

Kegiatan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, hingga tanggal 28 Mei 2021 di ruang kedatangan bandara.

“Kalau ada gejala langsung di PCR dan hasilnya positif dilanjutkan dengan isolasi di RSUD,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile A. Muskitta.

Bersyukur, hari pertama random check antigen sampai kegiatan selesai hanya ditemukan hasil negatif atau tidak ada yang positif.