BKIPM Peduli Lingkungan Sasar Wilayah Sota

Kegiatan peduli lingkungan BKIPM. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Merauke (SKIPM) Merauke, telah menggalang kegiatan Peduli Lingkungan di Kawasan Perbatasan Sota, tepatnya di lokasi penunjang PLBN yang biasa menjadi tempat wisata masyarakat.

Tidak sendirian, Stasiun KIPM Merauke bersama instansi terkait Pengelola Perbatasan, Distrik, Polsek Sota, Karantina Kesehatan, Karantina Pertanian, Imigrasi, Bea Cukai, Babinsa, Satgas Pamtas Batalyon Mekanis 611/Awang Long, dan masyarakat yang menempati lapak-lapak di pasar zona penunjang PLBN melakukan kerja bakti membersihkan sampah di sekitar zona penunjang.

“Bentuk kebersamaan ini juga merupakan upaya dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Diharapkan dengan kegiatan ini maka persaudaraan antar petugas semakin akrab, koordinasi antar instansi semakin baik. Serta tusi masing instansi dapat dipahami oleh semua petugas PLBN maupun masyarakat,” ujar Kepala SKIPM, Nikmatul Rochmah, Sabtu (01/05) dalam rilisnya.

Kegiatan Peduli Lingkungan ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2021 setelah pada Kamis (29/04) sukses menyelenggarakan kegiatan BKIPM Peduli Sosial dengan tema Edukasi dan Penyerahan Ikan Sehat Bermutu di kota Merauke.

Kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2021 ini merupakan salah satu kebijakan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan peran strategis perkarantinaan dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

Kemudian, membangkitkan dan menggerakan kesadaran masyarakat dan stakeholder akan pentingnya karantina dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, serta memberikan apresiasi atas peran serta masyarakat, stakeholders dan instansi terkait dalam rangka menjaga kedaulatan, keberlanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Kegiatan Peduli Lingkungan hari ini didampingi dan dipimpin langsung dari Eselon II BKIPM bapak Ir. Teguh Samudro, MP. Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan. Kal ini sengaja memilih lokus kegiatan di perbatasan, karena Sota merupakan kawasan perbatasan negara yang memiliki peranan penting dan strategis, merupakan batas kedaulatan negara dan wilayah yang mencerminkan beranda depan negara.

“Kita semua tahu, Sota adalah salah satu destinasi wisata Kabupaten Merauke. Kita harus bersama-sama selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar PLBN, menjaga dan memelihara fasilitas yang ada, sehingga pengunjung pun merasa nayaman. Semoga saja kegiatan BKIPM Peduli Lingkungan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, apalagi dilaksanakan dengan hati yang ikhlas di bulan Suci Ramadhan,” ucapnya.