Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto resmi dilantik Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang sebagai Ketua DHD 45 Badan Pembudayaan Kejuangan Provinsi Kalimantan Utara periode 2019-2024, di ruang serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan, Selasa (13/4/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TARAKAN – Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Badan Pembudayaan Kejuangan Provinsi Kalimantan Utara periode 2019-2024.

Pelantikan Effendhi bersama pengurus lainnya dilakukan langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang, di ruang serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan, Selasa (13/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Zainal mengharapkan peran DHD 45 ikut serta membantu menyukseskan roda pemerintahan di Bumi Benuanta. Tak terkecuali Pemprov Kaltara.

Peran tersebut dianggap penting, seiring pesatnya perkembangan zaman khususnya dalam menghadapi era digitalisasi dan sains yang kian tumbuh.

Karena, jelas Gubernur, hal demikian berdampak pada cara berkehidupan sosial yang semakin self center.

Yakni, hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan diri pribadi, yang mengesampingkan interaksi sosial dan beramah tamah.

“Pola hidup yang individulaisme ini tentu berdampak pada penurunan semangat nasionalisme,” tegas Gubernur dalam sambutannya.

Menurutnya, setiap organisasi kemasyarakatan yang ada di Kaltara, termasuk DHD 45 harus mampu menciptakan program kerja yang memberdayakan masyarakat.

“Terlebih lagi anak-anak muda yang ada di daerah perbatasan. Sehingga kedepannya, dapat membantu pembangunan daerah dan negerinya,” harap Gubernur.

“Apalagi saat ini tidak dapat dipungkiri, karena terdapat keresahan generasi penerus yang memperlihatkan karakter belum mumpuni untuk mewarisi estafet pembangunan,” ungkapnya.

Gubernur juga meminta DHD 45 harus bisa menjadi organisasi yang dapat membentuk dan pemeliharaan watak, keperibadian dan kepemimpinan bangsa. Hal ini sesuai tujuan organisasinya dengan nilai-nilai kejuangan 45 dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Saya harap DHD 45 Kaltara ke depannya dapat menyebarkan nilai-nilai nasionalisme, khususnya pada generasi muda saat ini, agar menjadi kader yang handal di masa mendatang,” tandas Gubernur.

Berita lain untuk anda