Sekda Ternate: Raih Penghargaan SAKIP RB AWARD Merupakan Prestasi

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Jusuf Sunya ME menunjukan penghargaan SAKIP RB AWARD yang diterima Pemkot, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), di Hotel Bidakara, Jakarta (22/4/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate kembali meraih Penghargaan SAKIP RB AWARD, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya ME, di Hotel Bidakara, Jakarta (22/4/2021).

Sekda Kota Ternate, Dr. Jusuf Sunya ME mengatakan, penghargaan ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan oleh Pemkot Kota Ternate.

“Alhamdulilah, bahwa Kota Ternate bisa mempertahankan predikat ini untuk kedua kalinya. Ini merupakan prestasi yang harus terus dipertahankan,” ungkap Sekda kepada wartawan, di Ternate, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya, Ternate adalah satu-satunya daerah di Maluku Utara yang memperoleh award ini, khusus pada penerapan sistem akuntabilitas instansi pemerintah.

“Karena itu penghargaan ini merupakan komitmen dan kolaborasi semua OPD yang ada,” ujar mantan Kabag Organisasi ini.

Disisi lain, Kota Ternate dinilai berhasil mendorong komitmen, serta upaya-upaya nyata dalam peningkatan akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap perwujudan tata kelola pemerintahan yang berorientasi hasil (result oriented government).

“Saya melihat sebagai motivasi sekaligus komitmen kita untuk terus bekerja secara serius. Karena ini, sebagai salah satu indikator dari penilaian Kementerian PAN-RB atas tahapan keberhasilan yang dicapai oleh Kota Ternate,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia berharap kedepannya, selalu menerapkan pola kerja yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan ini jadi spirit kita kedepan, untuk selalu menerapkan pola kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” tandas Sekda.

Sebelumnya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Agus Uji Hantara mengatakan, capaian keberhasilan yang diperoleh instansi merupakan komitmen dan kesungguhan Pemerintah Daerah, dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan sebagaimana Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 yang saat ini dilakukan.

Menurutnya, peran Sekda sebagai pengendali dan administrator harus mampu melakukan review terhadap manajemen kinerja daerah. Dia mengapresiasi tekad mereka, untuk meraih penghargaan ini.

“Saya melihat sebagai motivasi sekaligus komitmen kita untuk terus bekerja secara serius. Karena ini, sebagai salah satu indikator dari penilaian Kementerian PAN-RB atas tahapan keberhasilan yang dicapai oleh Kota Ternate. Award ini merupakan sebuah penghargaan yang diraih oleh pemerintah daerah atas sistem akuntabilitas dan reformasi birokrasi,” ungkapnya.