Saman Bugis Pimpin Pemuda Pelajar Kei se-Sorong Raya

Penandatanganan berita acara pelantikan ketua IPMPK Sorong Raya, dari Yudi Rahawarin kepada M Saman Bugis. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS COM, SORONG- Pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya, untuk masa jabatan 2019-2024, dikukuhkan secara adat oleh ketua dewan adat suku Kei, Ulis Sedubun.

Acara pelantikan ketua dan pengurus IPMPK Sorong Raya ini, dilakuan secara Offline dengan menerapkan Protokol Kesehatan, bertempat di gedung J.A Jumame, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini dihadiri langsung anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas, wali kota Sorong, Lambert Jitmau dan bupati Teluk Bintuni, Petrus Kaisihw, bersama sejumlah Forkopimda kota Sorong.

Foto bersama ketua dan pengurus IPMPK Sorong Raya usai dikukuhkan. Foto Wim/TN.

M.Saman Bugis, S.Sos, dilantik sebagai Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya, bersama Sekretaris Umum, Michael Rahalus dan para pengurus lainnya sebagai motor penggerak organisasi pemuda, mahasiswa dan pelajar Kei ini.

Ketum IPMPK Sorong Raya, M Saman Bugis, dalam sambutannya mengatakan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak keluarga besar Kei Sorong Raya yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk memimpin pemuda, mahasiswa dan pelajar Kei Sorong Raya.

Pembentukan IPMPK Sorong Raya ini bukan pada seremonial belaka, melainkan peran dan semangat untuk membangun kualitas sumber daya manusia, khususnya kepada pemuda, mahasiswa dan pelajar Kei yang ada di provinsi Papua Barat, khususnya di kota Sorong.

Baca Juga : M Saman Bugis : Paradigma Kekerasan Terhadap Suku Kei Harus Dirubah

“IPMPK Saat merubah paradigma dalam menyelesaikan persoalan supaya lebih santun dengan mengedepankan nilai nilai persaudaraan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Saman Bugis.

Dikatakannya, dalam menjalankan aktifitasnya di tengah masyarakat dengan menjalankan nilai-nilai leluhur, agar adat dan budaya orang Kei tetap menjadi yang utama.

Dalam akhir sambutannya, Saman Bugis Menghimbau, untuk semua anak muda Kei di provinsi Papua Barat, khususnya di kota Sorong. “Mari saudara-saudara ku, kita menjalankan peran secara positif untuk membantu pemerintah dan pihak keamanan untuk menjaga stabilitas keamanan yang ada di kota Sorong. Kita hilangkan identik suku Kei dengan kekerasan, kita ganti dengan rasa saling hormat dan sayang sesama kita di kota ini,” tegasnya.

Wali kota Sorong, Lambert Jitmau, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada kepengurusan IPMPK Sorong Raya yang baru dibawa kepemimpinan M Saman Bugis.

Lambert Jitmau berharap usai dilantik, IPMPK dapat melakukan hal-hal positif, terutama dalam membangun sinergitas bersama seluruh komponen masyarakat yang ada di provinsi Papua Barat, khususnya di Sorong Raya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada pengurus IPMPK yang baru dilantik dan dikukuhkan secara adat maupun pemerintah. “Pemuda, mahasiswa dan pelajar Kei harus memberikan hal-hal positif di tengah-tengah masyarakat, terutama merubah paradigma negatif suku Kei di mata masyarakat, menjadi pemuda-pemuda Kei yang berkualitas dan bermartabat.