Sebanyak 38 orang calon tenaga Informasi Teknologi (IT) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kegiatan ini digelar Selasa (6/4/2021), di Hotel Pasific. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 38 orang calon tenaga Informasi Teknologi (IT) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kegiatan ini digelar Selasa (6/4/2021), di Hotel Pasific.

Kepala Badan Pegawaian dan Pengembangan SDM Kota Ambon, Benny Selano mengaku, kegiatan ini adalah tahapan bagi para pelamar yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Hari ini dilakukan SKB, dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga IT dalam melayani masyarakat, khususnya pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon,” jelasnya.

Menurut Selano, proses rekrutmen tenaga kontrak ini dilaksanakan secara terbuka dan transparan bagi masyarakat, yang dimulai dari pendaftaran secara online, seleksi administrasi, SKB dan wawancara.

“Dalam SKB ini bahkan melibatkan pihak Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai pembuat soal, dan nantinya hasil SKB akan kita kembalikan lagi ke UGM untuk diperiksa, sehingga diharapkan mendapatkan hasil tenaga IT yang profesional, memiliki kemampuan kerja yang baik, dan wawasan yang luas di bidangnya,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz menjelaskan, kebutuhan untuk tenaga IT di lingkup Pemkot Ambon adalah sebanyak 20 orang yang akan ditempatkan pada Comand Center dan tenaga IT Profesional, seperti Sistem Analis, Pengelola Jaringan, Desain Grafis, Multimedia, dan Pengembangan Aplikasi.

“Dari 41 peserta yang lulus seleksi administrasi, ada 3 yang tidak hadir pada SKB ini, dan langsung dinyatakan gugur, padahal keahlian mereka adalah pengembangan aplikasi mobile yang sangat dibutuhkan oleh Pemkot,” ujarnya.

Ditambahkan dia, hasil SKB akan diumumkan pada 8 April 2021 mendatang melalui Website dan Media Sosial Pemkot Ambon, selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahapan wawancara.

“Nantinya 20 orang calon tenaga kontrak yang dinyatakan lolos akan diberi pelatihan oleh Kementerian Kominfo RI, untuk meningkatkan kapasitas mereka sebagai bagian dari ASN di lingkup Pemerintah Kota Ambon,” tandasnya.

Berita lain untuk anda