Warga Desa Long Pari, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan menggelar acara Syukuran Selesai Panen Padi, Jumat (16/4/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG PALAS – Sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, warga Desa Long Pari, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan menggelar acara Syukuran Selesai Panen Padi, Jumat (16/4/2021).

Kegiatan rutin kali ini petani mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Khususnya tanaman padi gunung, yang ditanam warga di Desa Long Pari.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hajatan syukuran Selesai Panen Padi kali ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang bersama Wakil Gubernur (Wagub), Yansen TP.

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal memuji kerja keras warga Desa Long Pari, yang telah sukses menanam dan meningkatkan hasil panen padi gunung setiap tahunnya.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari hasil kerjasama antara warga Long Pari dengan Pemerintah Desa (Pemdes), dalam menanam padi gunung hingga hasil panennya melimpah ruah,” ujar Gubernur.

Dikatakan, Desa Long Pari merupakan salah satu desa di Kaltara, yang mampu mewujudkan kerjasama dalam meningkatkan kebutuhan ekonomi warganya.

“Keberhasilan ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Long Pari, karena mampu bekerjasama dalam meningkatkan kebutuhan ekonomi warga,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, panen padi gunung itu dilakukan secara mandiri oleh warga Desa Long Pari. Jika demikian, menurut Gubernur Zainal, hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi warga Desa Long Pari.

Pasalnya, di tengah kerinduan warga Kaltara untuk menghasilkan panen padi yang melimpah dan berkualitas, warga Desa Long Pari berhasil meningkatkan hasil panennya, sehingga menciptakan pertumbuhan ekonomi warga dan desanya secara mandiri.

“Ini artinya warga Desa Long Pari secara tidak sadar bagian dari pergerakan perekonomian di Kaltara, khususnya di Bulungan,” tegas Gubernur Zainal.

Keberhasilan ini diharapkan dapat dicapai kembali pada tahun-tahun berikutnya, dalam garapan lainnya. Sehingga Gubernur Zainal berharap, para petani di Desa Long Pari dapat meningkatkan kemampuannya.

“Dari kerberhasilan ini saya harap ke depan ada progam dari pemerintah untuk memajukan petani di Kaltara. Termasuk adanya bantuan bibit, agar kehadiran pemerintah semakin nyata dirasakan warga,” tuturmya.

Sementara itu, Kepala Desa Long Pari, Jaging Dungau menginginkan, agar capaian yang diperoleh warga Desa Long Pari ini mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

“Sekiranya Pak Gubernur dan Wagub dapat melihat hasil kerja keras kami, dalam meningkatkan hasil panen padi gunung secara mandiri,” pinta Jigang.

Jigang mengungkapkan keinginan warga Desa Long Pari saat ini yaitu, bagaimana caranya hasil bumi yang ditanam warga dapat dipasarkan secara luas. Mengingat hasil panen padi gunung dan komoditas lainnya sangat berlimpah ruah.

“Akses menjadi kendala kami. Panen kami banyak tapi sulit, untuk dipasarkan secara luas. Makanya kami berharap, Pak Gubernur dan Wagub dapat memfasilitasinya, agar ekonomi warga kami semakin meningkat,” harap dia.

Berita lain untuk anda