Kemenkes Akan Bangun Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar

Direktur Jenderal Yankes Kemenkes RI, Prof dr Abdul Kadir, didampingi Neurolog RS PON Jakarta, dr Nizar Yamanie dan Neurolog, dr Ashari, saat melakukan pertemuan dengan PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Rujab Wagub Sulsel, Sabtu (17/4/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Abdul Kadir mengatakan, pihaknya ingin melaporkan, ada keinginan Menteri Kesehatan untuk membangun Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

Nantinya, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini menjadi rumah sakit otak kedua di Indonesia, setelah Rumah Sakit Otak Nasional di Jakarta.

“Kami mohon bantuan Bapak PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk merealisasikan rencana pembangunan rumah sakit ini. Dan kami siapkan anggaran sekitar Rp 900 miliar untuk bangunan gedung dan peralatan rumah sakit,” ujar dia kepada wartawan, di Makassar, Senin (19/4/2021).

Memang, tingkat kesakitan karena stroke (serangan otak) yang cukup tinggi, maka diperlukan rumah sakit yang khusus dan secara komprehensif menangani masalah kesehatan otak dan syaraf (neurologi).

Stroke juga menjadi salah satu tertinggi tingkat penyebab kematian terbanyak di rumah sakit di Indonesia.

Bangunan RS Pusat Otak Nasional ini, kata dia, bisa berstandar internasional. Bahkan rumah sakit ini, bisa menjadi peluang besar untuk Sulsel, karena akan melayani masyarakat di Indonesia bagian timur.

Ia pun berterima kasih atas penerimaan dan dukungan PLT Gubernur Sulsel, dalam mendukung percepatan pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

Neurolog Rumah Sakit PON Jakarta, dr Nizar Yamanie mengaku, persetujuan dari PLT Gubernur menjadi kabar gembira, untuk percepatan pembangunan rumah sakit ini.

Ia pun memuji infrastruktur di Sulsel, khususnya di Makassar yang berkembang pesat. “Makassar ini akan jadi central Indonesia Timur. Banyak potensi di Sulsel. Aman Indonesia jika Gubernurnya (Andi Sudirman Sulaiman) seperti ini,” tandas dia.