Yansen TP Dilantik Jadi Ketua KORMI Kaltara

Ketua Umum Komisi Olahraga dan Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman resmi melantik Wakil Gubernur (Wagub) Yansen sebagai Ketua KORMI Provinsi Kaltara. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Sebagai bentuk dukungan terhadap olahraga tradisional Kalimantan Utara (Kaltara), Ketua Umum Komisi Olahraga dan Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman resmi melantik Wakil Gubernur (Wagub) Yansen sebagai Ketua KORMI Provinsi Kaltara dan jajaran pengurusnya.

Kegiatan yang diawali dengan senam pagi ini diselenggarakan di Tugu Cinta Damai, tepat dihadapan masyarakat serta dihadiri langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara Norhayati Andris, Sekretaris Daerah Suriansyah, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara M. Nasir, Bupati Bulungan Syarwani, Ketua dan Wakil Ketua Penggerak PKK Rachmawati Paliwang dan Ping Yansen, serta tamu undangan lainnya.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Pelantikan, serta sebagai bukti penyanggupan atas tugas yang diberikan, Ketua KORMI Kaltara Yansen menandatangi surat berita acara bersama Ketua Umum KORMI Nasional yang disaksikan langsung oleh Gubernur Zainal serta masyarakat yang menghadiri pada Selasa (30/3/2021).

Tidak lupa, Hayono menyerahkan bendera kebangga KORMI kepada Yansen sebagai bentuk penyerahan kepercayaan secara simbolis.

Dalam sambutannya, Yansen TP mengaku, KORMI hadir sebagai wadah yang menaungi masyarakat, untuk menggalakan kembali olahraga tradisional di Kaltara.

“Dengan kehadiran KORMI di Kaltara saya mengharapkan untuk menggiatkan kembali dan menghidupkan gairah semangat olahraga tradisional di Kaltara,” ujar dia.

Wagub Yansen juga menjelaskan, pelaksanaan pelantikan yang diadakan secara terbuka ini bermaksud, untuk melakukan transparansi terhadap masyarakat atas pelantikan Ketua dan Pengurus KORMI Provinsi Kaltara.

“Biasanya pelantikan itu diadakan di gedung, dan tertutup. Ini kami inisiasikan agar acara pelantikan diadakan di lapangan terbuka karna KORMI adalah milik masyarakat, jadi masyarakat dapat menyaksikan organisasi yang mewadahi dan menghidupkan dunia olahraga tradisional di Kaltara,” bebernya lagi.

Hayono Isman, Ketua Umum KORMI Nasional mengungkapkan rasa suka citanya, atas semangat dan antusiasme masyarakat Kaltara. Ia mengungkapkan, bahwa Benuanta memiliki potensi besar dalam memajukan Indonesia melalui gerakan olahraga tradisional.

“KORMI Nasional melihat bahwa Kaltara memiliki potensi yang luar biasa, membangun sumber daya manusia Kaltara demi Indonesia melalui olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat. Walaupun Kaltara merupakan Provinsi yang paling bontot, karena menjadi Provinsi terakhir dari 34 Provinsi di Indonesia, tetapi semangatnya pada pagi hari ini sangat luar biasa,” ujar mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia tersebut.

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang juga turut menyampaikan kebahagiaannya atas pelantikan Ketua dan pengurus KORMI di Provinsi Kaltara. Ia mengaku, momen ini merupakan bagian berharga yang telah ditunggu-tunggu sejak satu tahun yang lalu.

“Saya sangat bangga dan terharu karena pagi ini kita sudah memiliki Ketua Umum KORMI Kaltara yang sejak tahun lalu kami tunggu-tunggu,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Gubernur Kaltara membuka acara yang berlangsung selama dua hari kedepan, yakni mulai tanggal 30 hingga 31 Maret ini.