Kadisnakertrans Merauke, Kleopas Ndiken. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Selama tahun 2020, total angka pengangguran di Kabupaten Merauke mencapai 6000 lebih. Sekitar 2000 orang terdaftar sebagai pencari kerja (Pencaker) di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Merauke.

Kepala Disnakertrans Merauke, Kleopas Ndiken menuturkan, angka pengangguran terus mengalami peningkatan setiap tahun. Peningkatan ini dipicu oleh pertambahan penduduk dan usai ujian nasional.

“Jelas dari tahun ke tahun akan mengalami peningkatan. Tapi kami juga mempunyai tugas memberikan ketrampilan khusus kepada masyarakat yang sudah masuk dan ikut dalam pelatihan yang kita lakukan kerja sama dengan BLK,” ujar Kleopas, Kamis (25/03) di Merauke.

Harapannya, dengan pelatihan dan keterampilan khusus yang sudah diberikan, menjadi bekal bagi para peserta pelatihan untuk dapat membuka lapangan kerja baru tanpa harus menunggu ada rekrutmen atau permintaan dari perusahaan.

Dinas juga akan merekomendasikan sejumlah peserta untuk masuk di beberapa perusahan yang sudah bekerja sama dengan dinas di Merauke. Dan perusahaan wajib menerima tenaga kerja yang telah dipersiapkan dinas terkait sesuai kebutuhan.

“Yang sudah kami latih sampai dengan Bulan Desember, hampir 1000 lebih dari 36 paket dan tujuh kejururan yang dilatihkan, yakni komputer, menjahit, bangunan, listrik, AC, kecantikan dan tataboga,” tutur Kleopas.

Lanjut kata dia, masa Pandemi Covid-19 menyebabkan perusahan memberhentikan sebagian karyawan. Selain itu, ada juga kinerja dari karyawan yang tidak lagi bekerja sesuai ketentuan perusahan sehingga terpaksa diberhentikan dari kontrak kerja.

Berita lain untuk anda