Ratusan vial vaksin Covid-19 sampai di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 330 vial vaksin Covid-19 produk Bio Farma untuk tahap kedua bagi masyarakat di Kabupaten Merauke tiba di Merauke, Kamis (04/03/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile A. Muskitta menyebut, 330 vial vaksin ini untuk 3300 penerima. Besok, Jumat (05/03/2021) Pemkab Merauke akan menerima 270 vial kiriman vaksin untuk 2000 lebih penerima.

“Dari jumlah ini nanti akan mangakomodir sekitar 5000 lebih penerima,” tutur dr. Nevile, Kamis (04/05) di Merauke.

Lanjut, kata Nevile, pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada Senin (08/03/2021). Tapi tidak dilakukan di puskesmas, melainkan di pos vaksinasi massal yang akan dibangun di beberapa titik. Alasan tidak dilakukan di Puskesmas agar tidak mengganggu pelayanan pasien di sana.

“Kita tidak memakai puskesmas karena kita pikir itu akan mengganggu pelayanan di sana,” tuturnya lagi.

Sementara di pos vaksinasi massal, kata dia, cakupan penerimanya bisa lebih banyak. Dalam sehari lima tim petugas kesehatan akan diturunkan dan masing-masing tim akan menangani 50-100 penerima vaksin.

“Ini akan kita atur dalam satu dua hari ini, seperti apa kesiapan pelaksanaan hari Senin besok,” pungkasnya.

Masyarakat diajak tidak takut untuk menerima vaksin, sebab tidak ada efek yang berbahaya setelah divaksin. Malahan penerima vaksinasi akan memiliki anti body yang aman untuk kesehatan.

“Jangan takut menerima vaksin, tenaga kesehatan sudah 1000 lebih yang sudah divaksin dalam keadaan baik-baik saja. Selain itu dengan melakukan vaksinasi kita saling menjaga. Yang tervaksin terlindungi, dan juga melindungi orang-orang yang rentan karena penyakit dan alasan lain sehingga tidak bisa menerima vaksin,” imbuhnya.

Berita lain untuk anda