Pemkot Sorong Gelar Musrenbangda RKPD Tahun 2021

Kegiatan Musrenbangda RKPD Tingkat Kota tahun 2021, yang berlangsung di gedung Samu Siret. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota Sorong melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sorong, menggelar Forum OPD dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kota tahun 2021, yang berlangsung di gedung Samu Siret, Kantor Walikota Sorong, Selasa (23/03/2021).

Sekretaris Bappeda Kota Sorong selaku Ketua panitia, Drs. Riduand Gultom, MM dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna membahas rencana pembangunan Kota Sorong.

Sementara itu, Walikota Sorong, Drs. Ec. Lm Jitmau, MM dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RKPD Kota Sorong merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menentukan arah kebijakan pembangunan kota sorong tahun 2021, sesuai skala prioritas pembangunan daerah , pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur, pengembangan wilayah dan berpihak kepada orang papua.

“Hari ini merupakan momen terpenting dalam penyempurnaan beberapa tahapan yang telah di laksanakan sebelumnya, agar integrasi, sinergi, Sinkronisasi, harmonisasi, keserasian dan keselarasan antara pusat, daerah, waktu, ruang dan antara fungsi benar-benar dapat diukur,” kata Walikota.

Selain itu, setiap pengambilan keputusan baik pusat maupun daerah, konsisten terhadap program dan kegiatan tiap tahun, dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat. Disamping itu, mengatasi serta menyelesaikan permasalahan yang sering timbul di tengah-tengah masyarakat antara lain, banjir, sanitasi air bersih, rumah layak huni, kekumuhan, kesehatan rendah, penerangan, lingkungan hidup, HIV/AIDS dan lainnya.

Harapannya, tim Musrenbangda RKPD melibatkan semua komponen masyarakat secara berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan, distrik dan forum OPD, hingga pada Musrenbang Kota Sorong dalam pembahasannya pada hari ini.

“Oleh sebab itu, diharapkan bukan sekedar untuk mengejar target, tapi berusaha bekerja maksimal, agar kualitas menjadi target utama, sehingga membawa suatu perubahan yang signifikan bagi pembangunan daerah tahun 2022, serta memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat kota Sorong yang maju, mandiri dan Bermartabat diberbagai bidang pembangunan,” harap Walikota.