ASN Diharapkan Terus Tingkatkan Keterampilan Dalam Bekerja

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 189 CPNS Pemerintah Kota Ambon, yang berlangsung di halaman parkir, Balaikota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy berharap, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, terus meningkatkan keterampilan dalam bekerja.

Menurut Wali Kota, menjadi seorang ASN saat ini sulit, karena selain kecerdasan juga dibutuhkan keterampilan, serta harus dibekali dengan integritas dan disiplin yang tinggi.

Dikatakan Wali Kota, 189 CPNS yang diterima di Pemerintah Kota Ambon saat ini, merupakan hasil dari tes CPNS tahun 2018-2019.

Yang mana dalam periode tersebut, sebanyak 2.000 orang yang mendaftar dan yang memenuhi kompetensi sebanyak 189 orang, sesuai dengan latar belakang kompetensinya masing-masing.

“Selamat buat mereka, karena lewat sebuah kerja keras, tekad dan akhirnya kalian diterima sebagai ASN yang mengabdi kepada rakyat dan masyarakat di Kota ini. Pagi ini, saya menerima dan sekaligus menyerahkan kalian kepada seluruh pimpinan OPD sesuai dengan bidang-bidang yang ada,” kata Wali Kota kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (20/3/2021).

Oleh karena itu, Wali Kota sangat berharap, seluruh pimpinan OPD agar dapat bisa memberikan pembinaan kepada ASN yang baru.

Wali Kota juga mengingatkan, bahwa melalui mekanisme penerimaan yang dilakukan secara online, CPNS terpilih adalah mereka yang cukup menguasai IT.

“Bisa dikatakan, 189 CPNS ini sudah bisa menguasai komputer, mengingat seluruh mekanisme tes itu menggunakan sistem online. Kita sekarang berada pada dunia digitalisasi. Oleh karena itu, seluruh pegawai harus mampu menguasai IT, agar tidak ketinggalan,” tekan Wali Kota.

Selain itu, dia juga berharap, agar seluruh ASN yang baru dapat memperhatikan nilai-nilai etika dalam pemerintahan, serta terus mengasah kecerdasan mengingat kompetensi yang semakin berat didepan.