Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan Budidaya Perikanan

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyerahkan bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan, serta menyerahkan Kartu Usaha Perikanan (Kusuka), dan klaim asuransi, di Kelurahan Anawai, Kecamatan Wua-Wua, Selasa (2/2/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir didampingi Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail menyerahkan bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan, serta menyerahkan Kartu Usaha Perikanan (Kusuka), dan klaim asuransi, di Kelurahan Anawai, Kecamatan Wua-Wua, Selasa (2/2/2021).

Dengan adanya penyerahan Kartu Kusuka ini, diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses transaksi online serta memudahkan akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dalam kegiatan tersebut sebanyak 14 kelompok usaha budidaya menerima bantuan yang berasal dari dana APBD tahun 2020 kemarin.

Wali Kota mengungkapkan, Pemkot Kendari memiliki program asuransi yang merupakan jaminan bagi nelayan.

“Program Pemerintah Kota Kendari yang tak kalah pentingnya adalah program Asuransi Nelayan, yang merupakan Kerjasama Pemkot Bersama Asuransi Jasindo. Asuransi nelayan ini merupakan jaminan bagi nelayan yang apabila melakukan aktifitas melaut mengalami musibah, akan mendapat jaminan dalam bentuk santunan,” tutur Wali Kota, dalam rilis yang diterima Teropongnews.com, Selasa (2/2/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, H. Imran Ismail menerangkan, terdapat 147 penerima kartu Kusuka yang sudah siap untuk disalurkan.

“Penerima kartu Kusuka diwakili oleh dua penerima, yang mana tahun 2020 kemarin 147 penerima kartu Kusuka sudah siap disalurkan bekerjasama dengan dengan BNI, serta 11 klaim asuransi berkerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan yang terkena musibah 2020 kemarin sebesar 498 juta Rupiah,” ungkap Imran.

Lebih lanjut Imran menambahkan, manfaat kartu Kusuka, yakni memudahkan nelayan untuk bertransaksi, serta memudahkan nelayan untuk mendapatkan bantuan.

Budidaya perikanan merupakan salah satu bentuk usaha masyarakat selama pandemi Covid-19, serta merupakan bentuk mendukung usaha pemerintah dalam memanfaatkan pekarangan rumah dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Ditempat yang sama Ketua Kelompok Pembudidayaan Cyprinus, selaku perwakilan penerima bantuan budidaya perikanan mengatakan, bantuan yang di berikan oleh Wali Kota Kendari sangat bermanfaat bagi mereka, terutama saat mewabahnya Covid-19.

“Bantuan yang diberikan oleh bapak Wali Kota, kami rasakan sekali manfaatnya utamanya saat mewabahnya Virus Corona. Sehingga dengan adanya bantuan ini, meskipun kami di rumah, kami tetap beraktivitas dengan mengelola bantuan yang diberikan,” ungkap Cyprinus.

Ia mengatakan, sarana prasarana yang diberikan berupa bibit lele, tarpal pembudidayaan dan pakan lele.

“Bibit ikan lele, nila dan ikan mas di bantuan awal itu kami diberikan 1.500 tiap satu komoditi, untuk pakannya dua karung masing–masing 390 kg sudah mencukupi sampai panen,” Cyprinus.

Sementara itu Ketua RW.07 Anawai, Mahrudin sangat bangga dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan pemberian bantuan kali ini.

“Kami sangat merespon positif kegiatan ini. Yang kami persiapkan adalah, pekarangan, kelompok budidaya, yang terdiri dari 10 dan orang masing-masing orang mendapat 9 ember,” ujar Mahrudin.

Diakhir acara Wali Kota meninjau hasil-hasil budidaya perikanan yang dilakukan kelompok-kelompok budidaya yang dibina Dinas Perikanan Kota Kendari.