Ilustrasi MK

TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA- Mahkamah konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) telah menjadwalkan sidang dismissal atau putusan/ ketetapan permohonan pemohon perselisihan hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 lalu, pembacaan putusan/ ketetapan ini akan digelar tiga hari, mulai tanggal 15 hingga 17 Februari 2021.

Untuk Provinsi Papua Barat ada 9 permohonan PHP yaitu, Kabupaten Sorong Selatan dua pemohon yakni pasangan calon Yance Salambauw – dr Feliks Duwit dan paslon Pieter Kondjol – Madun Narwawan.

Kemudian Kabupaten Manokwari pasangan Sius Dowansiba – Mozes Rudy Frans Timisela, Manokwari Selatan, pasangan pemohon adalah pasangan Sebelum Mandacan – Iman Syafi’I, Teluk Wondama paslon Elysa Auri – Ferry Michael Deminikus Auparay, Teluk Bintuni paslon Ali Ibrahim Bauw – Yohanes Manibuy, Fakfak paslon Samaun Dahlan – Clifford Ndandarmana, Kaimana paslon Rita Teurupun – Leonard Syakema dan Raja Ampat pemohonnya pemantau pemilu.

Dilansir dari lamaan mkri.id hanya 6 Kabupaten yang diundang Mahkamah Konstitusi untuk menghadiri sidang dismissal atau pengucapan putusan/ ketetapan yang dijadwalkan pada tanggal 16 hingga 17 Februari 2021.

Kabupaten yang mengikuti sidang putusan/ ketetapan pada tanggal 16 Februari 2021 pukul 13. 00 WIB ada 3 perkara sengketa yang di sidangkan secara virtual yaitu PHP Bupati Sorong Selatan nomor : 31/ PHP.BUP-XIX/2021 dengan pemohon Yance Salambauw – dr Feliks Duwit, kemudian PHP Sorong Selatan nomor : 36/ PHP.BUP-XIX/2021 pemohon Pieter Kondjol – Madun Narwawan, Kemudian perkara PHP Bupati Teluk Bintuni nomor : 95/ PHP.BUP-XIX/2021 pemohonya paslon Ali Ibrahim Bauw – Yohanes Manibuy.

Sedangan persidangan sengketa pilkada pada 17 Februari 2021 pukul 13.00 WIB ada 3 pemohon yaitu, Kabupaten Manokwari dengan register perkara nomor : 71/ PHP.BUP-XIX/2021 atas nama pemohon Sius Dowansiba – Mozes Rudy Frans Timisela, Kabupaten Kaimana register perkara nomor : 02/ PHP.BUP-XIX/2021 pemohon Rita Teurupun – Leonard Syakema.

Kemudian sengketa pilkada Kabupaten Fakfak dengan register perkara nomor : 113/ PHP.BUP-XIX/2021 pemohonya perkara perselisihan hasil pemilihan ini yaitu pasangan Samaun Dahlan – Clifford Ndandarmana.

Sementara itu 3 Kabupaten yang tidak terdaftar dalam jadwal sidang pengucapan putusan/ ketetapan mahkamah konstitusi republik Indonesia pekan yaitu, Manokwari Selatan yang dimohonkan pasangan Sebelum Mandacan – Iman Syafi’I dengan register perkara nomor : 42/ PHP.BUP-XIX/2021.

Kemudian Kabupaten Raja Ampat yang mempersengketa hasil pilkada negeri kepulauan bahari yaitu Richart Charles Tawaru sebagai Pjs Ketua lembaga pemantau papua forest watch dengan register perkara nomor : 17/ PHP.BUP-XIX/2021.

Selain itu Elysa Auri – Ferry Michael Deminikus Auparay paslon calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Teluk Wondama yang terdaftar dengan register perkara nomor : 32/ PHP.BUP-XIX/2021 juga tidak terdaftar dalam jadwal sidang dismissal pekan depan.

Jika 3 pemohon yang tidak terdaftar dalam jadwal sidang pengucapan putusan/ ketetapan akan berlanjut ke tahap pembuktian di Mahkamah Konstitusi?.

Ketua KPU Kabupaten Raja Ampat, Steven Eibe ketika dihubungi media ini melalui telpon celulernya, Jumat (12/2/2021) untuk mengkonfirmasi terkait jadwal sidang sengketa PHP Bupati setempat namun di luar jangkauan.

Berita lain untuk anda