Berita

Rencana Pembangunan Ambon City Of Music Center Didukung Dirjen Kebudayaan

×

Rencana Pembangunan Ambon City Of Music Center Didukung Dirjen Kebudayaan

Sebarkan artikel ini
Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Jakarta, Jumat (26/2/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mendukung rencana pembangunan Ambon City Of Music Center di Kota Ambon.

“Apa yang dipaparkan Pak Wali Kota menarik sebagai upaya penetapan Ambon sebagai kota kreatif berbasis musik versi UNESCO. Prinsipnya saya mendukung dan akan menindaklanjuti dengan kementerian terkait,” kata Hilmar Farid lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Minggu (28/2/2021).

Yang harus menjadi perhatian saat ini, kata dia adalah, konsep konsevatorium pada Ambon City of Music Center. Konservatorium merupakan lembaga pendidikan menengah atau tinggi di bidang musik. Sudah lama konservatorium tidak lagi dikenal, dan bertransformasi menjadi sekolah musik.

4642
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Konsep konservatorium saya kira jika dibangun harus didiskusikan, karena sudah lama tidak dikenal dan bertransformasi menjadi sekolah musik atau kursus. Lebih baik, jika diarahkan ke pendidikan formal pendidikan tingkat kejuruan musik atau institut sehingga orang bisa belajar musik di Ambon,” katanya.

Lebih lanjut Hilmar Farid menambahkan, pihaknya akan melakukan rapat bersama dengan Kemenpar untuk memaparkan rencana kerja seperti Ambon City of Music Center, revitalisasi Benteng Victoria dan Mollucas Youth Creative Hub.

“Seluruh design warisan budaya baik Benteng Victoria, Ambon City of Music center dan Mollucas Youth Creative Hub harus menjadi satu kesatuan, demi mewujudkan program music tourism, ” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, tiga hal yang menjadi perhatian yakni revitalisasi blBenteng Victoria, Mollucas Youth Creative Hub dan Ambon City of Music Center.

Revitalisasi Benteng Victoria sudah dalam pembahasan akhir, diharapkan segera rampung dalam rapat lengkap yang dikoordinir Kantor Staf Presiden dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Ambon City of Music Center, konsepnya sudah siap, termasuk lahan telah disiapkan Pemkot Ambon hanya pembangunan akan didukung kementerian,” kata Wali Kota.

Menurut dia, Mollucas Youth Creative Hub merupakan gagasan tim milenial presiden, prosesnya juga sudah rampung hanya terkendala pandemi COVID-19, sehingga ditargetkan pembangunan baru akan dimulai pertengahan tahun 2021.