Billy Suwae saat di Pakaikan Mahkota Oleh Ondofolo dari Dewan Adat Suku (DAS) Yowari 4 DAS Wilayah Pesisir dan 1 DAS Nawa , Deklarasikan Billy Suwae For Jayapura Satu. Foto nesta/TN.

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI- Empat Dewan Adat Suku (DAS) di wilayah pesisir Depapre jayapura Papua, masing-masing DAS Yewena Yongsu, Yowari, Tepera, dan DAS Imbi Numbai, mendeklarasikan sekaligus merestui putera ke empat mantan bupati Jayapura Habel Mekias Suwae (HMS), Billy Suwae untuk maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Jayapura periode 2023/2027.

Deklarasi yang berlangsung di lokasi wisata Kampung Tablanusu Distrik Depapre Kabupaten Jayapura Jumat, 12 Februari 2021 tersebut diikuti oleh seluruh kepala-kepala suku, Ondoafi di pesisir Tanah Merah serta Dewan Adat Suku dari wilayah Nawa.

Tokoh-tokoh adat ini bahkan dengan tegas menyatakan sikap untuk berkomitmen mendukung putera mantan bupati Habel Mekias Suwae tersebut, untuk maju pada pertarungan Pilkada 2023 mendatang.

Gustaf Rudolof Toto, Ondoafi kampung adat Nehibe distrik Revenirara kabupaten Jayapura saat ditemui wartawan di sela-sela deklarasi sekaligus pengukuhan tersebut mengatakan, dukungan mereka selaku tokoh adat dan Dewan Adat Suku terhadap Billy Suwae sebagai penghargaan karena yang bersangkutan sangat menghargai masyarakat adat atau tokoh-tokoh adat sehingga satu-satunya putera asli kabupaten Jayapura yang datang pamit hanya Billy Suwae.

“Ini sebagai bentuk penghargaan buat adat, karena anak ini menghargai kami sehingga dia dating dan berpamitan, karena belum ada yang dating ke adat baru Ini, ini bentuk penghargaan buat kami maju anak billy kami adat siap mendukung,” Gustaf Rudolof Toto.

Ia pun berharap sosok Billy Suwae yang mirip dengan sang almarhum Ayahnya, HMS, dapat melanjutkan fondasi yang telah diletaknanya, sehingga dirinya harus memimpin Gunung Merah untuk mewujudkan cita-cita masyarakat bawa yang rindu sosok ayahnya di kabupaten Jayapura.

Sementara Billy Suwae, saat ditanya wartawan usai acara deklarasi dan pengukuhan adat oleh tokoh-tokoh adat dari 5 Dewan Adat Suku, mengatakan sebagai anak adat yang berkomitmen terhadap keberadaan adat, maka dirinya harus pamit dari orang tua adat, meski belum mengetahui pasti jadwal tahapan Pilkada yang masih di godok oleh DPR RI.

Billy Suwae, menyampaikan terimakasih kepada Dewan Adat Suku (DAS) yang hadir secara langsung sekaligus memberikan dukungan moril untuk dirinya maju sebagai Calon Bupati Jayapura kedepannya.

Berita lain untuk anda