Pesona “Kali Kaca” Ayamaru Yang Sejuk Dan Asri

Sejumlah pengunjung saat menikmati kejernihan air kali kaca. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ayamaru, salah satu distrik yang ada Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat banyak menyimpan potensi objek wisata air. Mulai dari air terjun, danau, hingga kali atau sungai.

Kali Kaca adalah salah satu objek wisata yang baru-baru ini viral. Obyek wisata alam ini ramai di datangi masyarakat. Para pengunjung pun beragam, mulai dari keluarga bersama anak-anaknya, rombongan touring, pegawai perkantoran, maupun rombongan anak muda yang hendak menikmati liburan akhir pekan. Lokasinya sendiri beralamat di jalan Yukase, kampung Bawi, Distrik Ayamaru Tengah, Kabupaten Maybrat.

Ya, masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Kali Kaca. Bukan karena ada kaca di dalam kali tersebut, namun karena kejernihannya hingga dasar kali bisa langsung terlihat dengan jelas.

Pemandangan yang disuguhkan pun tiada tandingannya. Namun untuk berkunjung ke tempat ini, harus menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam dari Kota Sorong, menggunakan mobil atau sepeda motor.

Belum berhenti sampai disitu. Para pengunjung juga harus berjalan kaki menapaki jalan setapak sejauh 2 kilometer, dengan melewati hutan dan perkebunan warga. Untuk ongkos masuk, per kendaraan dibanderol Rp. 50 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp. 20 ribu untuk sepeda motor.

Rasa lelah dalam perjalanan seketika sirna begitu tiba di tempat ini. Pemandangan kali yang berwarna biru begitu mempesona. Apalagi saat berendam di sungai ini. Airnya yang begitu dingin seketika menghilangkan rasa lelah dan kantuk.
Mereka juga dapat bersantai di bawah pohon sembari merasakan hawa sejuknya.

Namun sayangnya, lokasinya yang masih alami dan asri ini, oleh pengelola belum dilengkapi tempat untuk berteduh ataupun kamar kecil sekedar untuk mengganti pakaian usai berenang di kali tersebut.

Selama berada di Kali Kaca, pengunjung harus tetap waspada. Bebatuan di sekitar sungai begitu licin, yang apabila tidak berhati-hati bisa saja tergelincir.

Pengunjung juga disarankan untuk membawa bekal atau makanan, di sekitar Kali Kaca tidak ada warga yang menjual makanan maupun minuman, dan tidak lupa membawa kembali sampahnya agar kebersihan di sekitar Kali Kaca dapat terjaga.

Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka berswafoto. Yang menjadi favorit pengunjung adalah warna biru bening yang terpancar dari sungai tersebut.

Ira, salah satu pengunjung mengatakan bahwa ia baru kali ini mengunjungi Kali Kaca karena ajakan teman.

“Awalnya saya diajak sama teman, karena penasaran saya ikut. Ternyata tempatnya sangat bagus. Airnya dingin sekali, ini jadi pengalaman yang tidak terlupakan, ” ujar Ira kepada teropongnews.com, Minggu (14/2/2021).