Mendikbud Sebut Guru-guru Di Papua Punya Paradigma Dasar Merdeka Belajar

Mendikbud Nadiem Makarim disambut dengan tarian adat Papua saat mengunjungi SMP YPPK Syalom kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud),Nadiem Makarim menyebutkan bahwa guru-guru yang ada di Papua mempunyai paradigma dasar merdeka belajar.

“Saya datang ke Papua sebenarnya sudah siap-siap dengan berbagai macam kendala dan tantangan. Tapi setelah 3 hari di Papua saya belum pernah seoptimis ini mengenai potensi pendidikan di Papua .Kenapa, saat saya bertemu dengan guru-guru di Papua mereka punya dasar paradigma Merdeka belajar,”jelas Nadiem Makarim saat melakukan kunjungan ke SMP YPPK syaloom Sorong, Jumat (12/2/2021).

Menurut Nadiem, guru-guru yang ada di Papua punya kemauan untuk lebih baik, dan merupakan yang terpenting di dalam reformasi pendidikan untuk bertransformasi menjadi merdeka belajar.

“Setelah berbicara dengan guru-guru di Papua khusunya di kota Sorong, yang ada di 12 Sekolah yang kita kunjungi, kesimpulan yang saya tarik sebenarnya kalau potensi mereka dilepaskan dan dukungannya tepat sasaran seperti yang bilang kita akan mensukseskan konsep Merdeka belajar dalam waktu 10 tahun ke depan ini, “pungkas Nadiem.

Nadiem mengungkapkan, Kemendikbud akan berupaya mengatasi Kendala-kendala yang dialami oleh para guru terutama guru penggerak, sehingga mereka bisa meningkat potensinya

“Sebenarnya kalau potensi mereka dilepaskan, dan dukungannya tepat sasaran pasti para guru akan lebih berinovasi lagi, dan mau berkreasi kepada murid,”pungkas Nadiem.