Kabupaten Merauke Sudah Dicanangkan Vaksinasi Covid-19

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Merauke dipusatkan di Puskesmas Mopah Baru, Kamis (04/02/2021).

Dalam pencanangan sekaligus dilakukan vaksinasi terhadap forkompimda dan tokoh agama. Diikuti Wakil Bupati Merauke, Sularso, pimpinan TNI-Polri dan perwakilan tokoh agama.

“Selanjutnya, tahap pertama dilakukan untuk tenaga kesehatan diikuti TNI-Polri dan unsur-unsur pelayanan publik,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile A. Muskita dalam sambutannya.

Selain di Puskes Mopah Baru, Faskes sekitarnya juga langsung memulai kegiatan vaksinasi untuk tenaga kesehatan usai pencanangan.

Lebih lanjut akan dilakuakan pendistribusian vaksin ke seluruh puskesmas yang jauh. Sehingga target dalam dua minggu pelaksanaan vaksinasi tenaga kesehatan bisa terselesaikan.

Dokter Nevile menyebut, pemberian vaksin hanya bagi yang berumur 18-59 tahun dan dalam keadaan sehat. Bagi yang pernah terpapar Covid, ibu hamil, menyusui atau penyakit penyerta lainnya, sementara tidak dilakukan.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan dirinya tidak mengalami rasa yang mengganjal usai divaksin.

“Tidak ada rasa apa-apa, biasa saja. Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar tidak takut, ini aman,” ujar Sularso.

Kapusdik SDM Keshatan Kementerian Kesehatan RI, Doktor Sugianto turut mengawasi proses pencanangan sekaligus vaksin perdana. Iamemberikan apresiasi kepada Pemkab Merauke untuk pencanangan ini.

Ia mengaku prihatin banyak juga tenaga medis yang akhirnya gugur terserang Covid-19 dalam pelaksanaan tugas.

“Kita berharap, walau sudah divaksin tetap jaga protokol kesehatan. Mudah-mudahan dengan vaksin bisa memberikan kekebalan terhadap tenaga kesehatan,” ujarnya lagi.

Mewakili Kemenkes, Dokter Sugianto menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk kerja sama yang baik dari semua pihak dalam memerangi Covid-19.