Kabupaten Merauke Butuh Caretaker

Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Benny Latumahina. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Belum adanya kepastian pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Merauke Pemilu tahun 2020, Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Benny Latumahina mengharapkan segera ada Caretaker.

Sebab, jika pelantikan harus dilakukan secara serentak, maka menunggu waktu selama berbulan-bulan ke depan. Mengingat, beberapa daerah di Papua seperti Asmat dan Boven Digoel masih berproses penyelesaian sengketa Pemilu di MK.

“Mereka belum melakukan paripurna dewan untuk mengumumkan lalu pengumuman pemberhentian bupati juga mereka belum. Sehingga pasti agak lama, oleh sebab itu cepat atau lambat harus Caretaker untuk mengisi kekosongan,” ujar Benny, Senin (15/02/2021).

Dewan berharap nanti ada diskusi dengan Pemrov Papua dan Mendagri supaya proses Caretaker segera dilakukan. Mengingat penyelenggaraan pemerintah tidak bisa ditunda.

Selain itu, Benny mengatakan bahwa Kabupaten Merauke tidak punya masalah di MK maka diharapkan segera dilakukan pelantikan, agar penyelenggaraan pemerintah kembali normal karena Caretaker tidak maksimal dalam mengambil kebijakan menyangkut keuangan.