Hermawan: Lapas Ternate Pernah Gagalkan Penyelundupan Narkoba

Barang bukti berupa 43 sachet plastik kecil yang berhasil diamankan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ternate, Maman Hermawan mengaku, pada tahun 2020 pihaknya pernah gagalkan penyelundupan narkoba ke dalam Lapas.

“Dan ini adalah sinergitas dengan aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian, untuk mengetahui kategori bandar dan sebagainya,” kata Hermawan kepada wartawan, di Ternate, Jumat (5/2/2021).

Pihaknya, kata dia, akan melaksanakan apa yang sudah menjadi kewajiban, sehingga akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak lainnya, baik dari pihak kepolisian maupun BNN.

“Sebagai pimpinan Lapas, saya pasti bertanggung jawab dengan keamanan dan ketertiban, karena di Lapas sendiri dilakukan penggeledahan secara rutin,” ujarnya.

Untuk diketahui, narkoba jenis ganja yang akan diselundupkan dalam Lapas Jambula Kelas IIA Ternate, berhasil digagalkan oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Malut.

Penyelundupan puluhan sachet ganja ini digagalkan, usai pihak kepolisian mendapatkan informasi dari pihak Lapas tentang rencana tersebut.