Gedung PLN Sorong Terbakar, Pegawai Lari Berhamburan

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan kobaran api yang muncul dari atas gedung PLN Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kantor PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong terbakar, Senin (15/2/2021). Kepulan asap tebal dan api terlihat dari atas gedung PT PLN UP3 Sorong.

Para pegawai yang melihat api mulai menjalar dengan cepat langsung lari berhamburan. Para pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian langsungberjibaku menjiknakkan api. Tidak berlangsung lama, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kronologis tersebut merupakan bagian dari simulasi tanggap darurat yang dilakukan PT. PLN UP3 Sorong dalam memperingati bulan keselamatan dan kecelakaan kerja (K3) nasional tahun 2021.

Pelatihan dan simulasi tanggap darurat bencana Alam dan Kebakaran tersebut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Sorong dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Simulasi tanggap darurat bencana alam dan Kebakaran yang berlangsung di halaman kantor PLN UP3 Sorong. (Foto:Ist/TN)

Bulan K3 Nasional berlangsung setiap tahun pada tanggal 12 Januari-12 Februari. Tema Nasional tahun ini yaitu “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”. Adapun sub thema yang diambil oleh PT PLN (Persero) adalah penguatan budaya dan disiplin eksekusi K3 pada Kegiatan Kelistrikan untuk Mencapai Zero Accident yang Berkelanjutan.

Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha mengatakan, sebagai perusahaan yang mengutamakan K3, PLN UP3 Sorong selalu melaksanakan kegiatan setiap tahun dalam rangka Bulan K3 Nasional untuk meningkatkan awereness pentingnya penerapan K3 pada setiap pekerjaan didalam proses bisnis PLN.

“Diharapkan dari rangkaian kegiatan dapat terbentuk budaya K3 bagi seluruh insan PLN sorong dan juga masyarakat, ” ujar Martha Adi kepada teropongnews.com, Senin (15/2/2021).

Selain melakukan pelatihan dan simulasi Tanggap Darurat Bencana Alam dan Kebakaran, rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional PLN UP3 Sorong juga sudah dilakukan antara lain penandatanganan komitmen dan kebijakan K3 oleh Manajemen PLN dan Mitra Kerja atau vendor PLN, edukasi K3 Kepada Internal pegawai dan mitra kerja atau Vendor PLN Via Daring, lomba cerdas cermat atau Kuis Awareness K3 via daring, dan Penyelamatan Kota Sorong, Inspeksi dan edukasi bahaya listrik terhadap kegiatan pembangunan rumah atau konstruksi dekat dengan jaringan PLN, serta sosialisasi kegiatan bulan K3 nasional dan pemberian himbauan keselamatan ketenagalistrikan melalui Radio RRI Sorong.