Berita

Ribuan KTP di Disdukcapil Merauke Belum Diambil Pemiliknya

×

Ribuan KTP di Disdukcapil Merauke Belum Diambil Pemiliknya

Sebarkan artikel ini
Kadisduk Capil Merauke, Paino. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ribuan KTP yang sudah dicetak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Merauke belum diambil pemiliknya.

1510
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kadisduk Capil Merauke, Paino menyebut KTP yang belum diambil itu tersebar di semua distrik, dengan jumlah pemilik terbanyak adalah Distrik Kurik.

“Yang sudah ada di loket saya sudah ribuan yang tidak diambil pemiliknya. Kita sudah pisahkan per distrik,” terang Kadisduk Capil, Paino di Merauke, Jumat (08/01/2021).

Bahkan, sudah berbulan-bulan pemilik KTP belum mengambilnya. Sehingga, langkah yang akan diambil oleh dinas adalah akan mengirim dokumen tersebut ke kampung sesuai alamat yang ada di KTP.

“Dalam waktu dekat akan kami kirim ke kampung,” pungkas Paino.

Menjadi aneh, ketika awal mengurus, petugas didesak bekerja cepat untuk segera menghasilkan dokumen yang diminta. Setelah sudah jadi, malah diabaikan, tidak diambil.

Untuk diketahui bahwa proses pengurusan dokumen KTP misalnya, membutuhkan waktu karena menangani permintaan banyak orang.

Belum lagi maslah jaringan, membuat prosesnya membutuhkan waktu dan kesabaran. Dalam sehari petugas bisa mencetak 100 keping KTP, itupun tergantung sistemnya lancar atau lelet.