Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyerahkan bantuan 100 ekor kambing kepada kelompok ternak, Senin (4/1/2021) lalu. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyerahkan bantuan 100 ekor kambing kepada kelompok ternak yang bersumber dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Pelaihari, Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2020 pada Senin (4/1/2021) lalu.

“Bantuan ini dimaksudkan sebagai upaya dalam pengembangan ternak Ruminansia potong (Kambing dan Domba) di Kaltara,” kata Kepala DPKP Provinsi Kaltara, Wahyuni Nuzban, lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Kamis (7/1/2021).

Bantuan Kambing jenis Peranakan Etawa (PE) itu diserahkan kepada 4 kelompok ternak di Kaltara sebanyak 25 ekor kambing/kelompok.

“Kami menyampaikan kepada penerima bantuan ternakz agar bantuan ini dapat dikelola dan dibudidayakan dengan baik, agar dapat berkembang biak guna membantu perekonomian para peternak,” pesannya.

Selain itu, Wahyuni mengungkapkan, ternak ruminansia kecil itu seperti kambing dan domba yang mudah dipelihara, dapat memanfaatkan limbah dan hasil ikutan pertanian dan industri, mudah dikembangbiakkan dan pasarnya selalu tersedia.

“Jadi disamping pemanfaatan daging kambing, kotoran kambing pun dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk para petani,” jelasnya.

Wahyuni berharap, bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban peternak pada masa pandemi virus Corona (Covid-19) seperti sekarang ini.

Berita lain untuk anda