Pemprov Papua Barat Resmikan Operasi Tol Laut dan Sambut Kapal Logistik Nusantara 2

Foto bersama dengan wakil gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani. Foto TN.

TEROPONGNEWS.COM, FAKFAK- Pemerintah provinsi Papua Barat melalui wakil gubernur, Mohammad Lakotani, menyambut pelayaran kapal Logistik Nusantara 2 sekaligus meresmikan operasi Tol Laut program Nawacita Presiden Joko Widodo pelayaran kapal Logistik Nusantara 2 di pelabuhan Kokas kabupaten Fakfak, Kamis (21/1/2021).

Kapal dengan kode trayek T-19 itu, adalah layanan khusus di wilayah Papua dan Papua Barat dengan rute Merauke-Kokas-Sorong-Biak-Korido-Depare-Jayapura.

Tampak Kapal Logistik Nusantara 2. Foto TN.

“Saya berharap kehadiran kapal ini untuk menunjang pendistribusian barang dan mengembangkan ekonomi di daerah terpencil dan daerah yang belum berkembang, serta upaya menurunkan disparitas harga,” ujar wakil gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani.

Selain itu, Kehadiran kapal Tol Laut barang atau container di pelabuhan Kokas perlu didukung penuh dalam mendorong peningkatan produk lokal dan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di Kabupaten Fak-Fak.

Hadirnya Tol Laut nantinya akan mendorong layanan listrik 24 jam dari PLN pada tahun 2021 di wilayah Kabupaten Fakfak, Sorong Selatan, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Selanjutnya untuk menunjang pendistribusian muatan dari kapal Tol barang dari dan ke pelabuhan Kokas untuk wilayah Kabupaten Sorong Selatan. Kita dorong layanan keperintisan penyeberangan lintas Kokas-Inanwatan. Dan untuk distribusi dari dan ke pelabuhan Kokas melalui darat ke kawasan transmigrasi di distrik Bomberay, Distrik Tomage, dan Kabupaten Teluk Bintuni,” tandasnya.