Malut Jadi Satelit Program LIN

Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Muhammad Zaini. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadi satelit program Lumbung Ikan Nasional (LIN), untuk wilayah Maluku dan Malut.

Saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang mengintegrasikan program LIN ini, untuk mengintegrasi dengan beberapa wilayah di Maluku dan Malut.

“Sehingga bisa terintegrasi pengembangan Maluku sebagai LIN, tetapi satelitnya itu ada di Provinsi Malut,” kata Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini lewat rilisnya yang diterima wartawan, di Ternate, Senin (25/1/2021).

Nantinya, kata dia, akan ada program pemberdayaan nelayan berupa pelatihan. Lokasi pelaksanaannya sendiri salah satunya berada di Malut.

“Kan tetapi karena saat ini kita sementara berada dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga sejumlah program yang kita rancangan belum bisa dilakukan.

Lebih lanjut Zaini menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan stimulan Ia mengaku, pada awal tahun 2021 ini, akan ada bantuan-bantuan stimulan kepada nelayan.

Dia berharap, dengan adanya program LIN ini, maka kesejahteraan nelayan bisa lebih ditingkatkan, dan juga bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah dan negara.