Komandan Kodim 1801/Mkw, Kolonel Arm Airlangga (kanan, pegang tongkat komando) menyaksikan penandatangan berita acara pelepasan hak ulayat suku Sidey, yang dilakukan Kepala Suku, Melky Moktis.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Komandan Kodim 1801/Manokwari, Kolonel Arm Airlangga meresmikan enam markas Komando Rayon Militer (Koramil) yang ada di wilayah teritorialnya, Rabu (20/1/2021).

Ke enam Koramil yang diresmikan di aula Kodim 1801/Manokwari di Jl Brawijaya Manokwari Barat itu adalah, Koramil 1801-07/Windesi, Koramil 1801-08/Minyambouw, Koramil 1801-09/Tanah Rubuh, Koramil 1801-10/Amban, Koramil 1801-11/Sidey dan Koramil 1801-12/Sururey.

“Pendirian enam Koramil ini berdasar Peraturan Pangdam XVIII/Kasuari nomor 22 Tahun 2020 tanggal 18 November 2020 tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” kata Kolonel Arm Airlangga, dalam kata sambutannya.

Kegiatan peresmian ini dihadiri para perwira, staf, pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cab XII Dim 1801, perwakilan Babinsa, Kepala Distrik, Kepala Kampung, Kepala suku adat, Kapolsek serta Danramil setempat.

Dandim Airlangga berharap, setelah didirikan Koramil baru akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah masing masing dengan terus berkoordinasi dengan pihak distrik, kepolisian dan para tokoh agama dan masyarakat, sehingga sasaran cepat tercapai dan dirasakan oleh masyarakat.

“Pembentukan enam Koramil ini seiring dengan perkembangan masyarakat, serta harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Adanya Koramil baru ini, juga dapat meningkatkan komando dan pengendaliaan satuan teritorial di bawah Kodim 1801/Mkw. Jajaran diperintahkan lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok kesatuan dalam menjalin hubungan antara TNI dengan rakyat.

“Kita harapkan berkontribusi maksimal bagi peningkatan kinerja Kodim 1801/Mkw dalam menyiapkan kekuatan pertahanan wilayah, membantu Pemerintah Daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat,” tandasnya.

Sementara itu, usai acara peresmia, Kepala Distrik Tanah Rubuh Yahya Karel Asrow S.Stp mengatakan, keberadaan penambahan Koramil di wilayah Kodim 1801/Manokwari diharapkan dapat membantu tugas pemerintah daerah, saling bersinergi dan mendukung program-program dari Distrik dan Pemerintah Kabupaten yg ada di Papua Barat.

“Kami meminta kepada TNI/Polri bersinergi memerangi Covid-19 dengan melaksanakan patroli di wilayah yang kian hari kasus Covid-19 semakin meningkat,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Suku Sururey, Andi Saiba yang juga pemilik tanah ulayat Sururey menyampaikan, agar Pemerintah Daerah dapat segera membantu pembangun markas Koramil Sururey yang saat ini masih numpang di kantor Distrik.

“Kitorang senang dengan keberadaan Koramil di kampung Sururey ini,” katanya.

Acara ini diakhiri penandatanganan dan penyerahan surat pelepasan tanah adat dari Koramil 1801-11/Sidey oleh pemilik tanah ulayat Melky Moktis kepada Dandim, dilanjutkan acara ramah tamah. **

Berita lain untuk anda